Tips Membuat Taman Minimalis Dalam Rumah Bagi Pemula

Ekosistem, Tips

Menata interior rumah merupakan salah satu kegiatan yang perlu dilakukan agar memiliki tampilan yang menarik dan elegan. Penataan interior tidak hanya menyangkut masalah furniture namun juga dapat menyangkut taman. Kehadiran taman di rumah anda, dapat menjadi gebrakan baru yang dapat membuat lingkungan dalam rumah menjadi lebih hijau.

Hadirnya sebuah taman akan memberikan kesan asri dan cantik, yang pada satu waktu tentu akan menghadirkan perasaan betah di rumah. Taman bukan melulu ada di luar rumah, menikmati apa yang disebut dengan inner court atau taman dalam rumah juga tak kalah cantiknya dengan pekarangan di bagian depan.

Taman yang dibuat apalagi untuk rumah anda yang memiliki konsep minimalis tidak perlu hadir dalam bentuk yang besar dan penuh dengan tanaman, namun bisa muncul dalam bentuk taman minimalis.

Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips dari kami yang dapat anda lakukan khususnya dalam membuat taman minimalis.

1. Tentukan Tempat yang Tepat Untuk Menaruh Tanaman

Tipis pertama sebelum membuat taman minimalis yaitu menentukan terlebih dahulu tempat atau posisi taman untuk menaruh tanaman. Hal ini dilakukan agar desain taman yang diinginkan dapat direncanakan dulu. Usahakan untuk penempatannya mendapat cukup sinar matahari yang membantu pertumbuhan tanaman anda.

Menentukan Tempat yang Cocok Bagi Tanaman, Sumber: Unsplash/@alexagorn

Lebih daripada menata kamar anak, menata kesesuaian ruangan, furniture dan taman rumah anda akan jauh lebih kompleks dari yang anda kira. Oleh karenanya mengatur taman tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan tentunya perlu anda sesuaikan dengan segala sesuatu yang ada disekitarnya.

2. Buatlah Bak Tanaman Minimalis

Setelah menentukan penempatan taman, tips berikutnya adalah buatlah bak atau pot minimalis untuk tanaman tanaman anda. Untuk bak tanaman anda dapat menggunakan barang barang bekas atau jenis bahan bangunan yang tidak terpakai seperti semen dan pasir. Namun jika tidak ingin repot anda dapat mencari wadah wadah tersebut ke tempat tempat terdekat seperti pasar dan lainnya.

Pada saat membuat atau membeli bak tanaman, usahak dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan tanaman yang akan anda tanam. Hal ini dilakukan untuk menghindari pertumbuhan tanaman menjadi tidak baik. Kemudian saat sebelum menanam, buatlah bedengan terlebih dahulu agar dapat mudah dirawat dan suatu saat jika terdapat rumput liar di sekitarnya akan dapat dengan mudah anda bersihkan.

3. Memanfaatkan Pencahayaan dan Sirkulasi Udara Dengan Baik

Tips selanjutnya adalah memanfaatkan sinar matahari yang ada disekitar taman secara optimal agar pertumbuhan tanaman anda menjadi lebih cepat dan subur. Kita tahu setiap tanaman membutuhkan cahaya matahari untuk melakukan proses fotosintesis, dimana proses ini adalah proses pembuatan atau pembentukan makanan untuk tumbuhan itu sendiri agar dapat terus hidup.

Small Modern House, Memanfaatkan Pencahayaan dan Sirkulasi Bagi Tanaman, Sumber: Unsplash

Selanjutnya adalah sirkulasi udara juga akan sangat membantu dalam proses fotosintesis tersebut diatas dan dengan begitu tanaman anda akan terlihat lebih subur dan tampak lebih indah.

4. Tentukan Jenis Tanaman yang Cocok

Tips berikutnya adalah tentukan jenis tanaman apa yang akan anda rawat. Untuk jenis jenis tanaman sendiri harus anda pertimbangan dengan banyak faktor seperti kegunaan, manfaat, tampilan, dan lain sebagainya. Kemudian yang perlu anda perhatikan adalah iklim wilayah anda, hal ini dilakukan agar dapat memilih tanaman yang sesuai agar tidak merepotkan anda dalam perawatannya.

Jika anda hanya membutuhkan keindahan dan mempercayai keberuntungan, maka anda dapat memilih tanaman tanaman seperti kaktus, spider plant, palem, pachira, dan bunga kamboja. Namun jika anda ingin tanaman yang dapat membuat sirkulasi udara menjadi lebih segar serta dapat kamu manfaatkan hasilnya, anda dapat memilih tanaman berupa sayur sayuran, rempah rempahan, atau bahkan buah buahan.

5. Gunakan Tanah Dengan Kualitas Terbaik

Ttps selanjutnya adalah pada saat ingin melakukan proses penanaman, tentunya membutuhkan tanah yang digunakan sebagai wadah tanaman anda. Usahakan pilihlah tanah yang berkualitas dan jika perlu uji coba terlebih dahulu tanah tersebut.

Uji coba tanah dapat anda lakukan mulai dari tes kadar ph, apakah ph tanah asam, basa atau netral. Karena biasanya tanaman akan susah untuk bertahan hidup jika ph tanah yang dipakai juga tidak sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

6. Siapkan Peralatan Dasar Bercocok Tanam

Setelah tips tips sebelumnya dilaksanakan, selanjutnya siapkanlah peralatan dasar untuk menanam tanaman ini, peralatan peralatan ini berupa cangkul tanam, penggaruk tanah, penggaruk daun, sekop tanaman dan sekop pegangan D, dan perkakas lainnya.

Peralatan Dasar Bercocok Tanam, Sumber: Unsplash

Peralatan peralatan tersebut di atas akan memudahkan anda dalam bercocok tanam nantinya. Jadi akan sangat berguna bagi anda yang menyukai proses tanam menanam. Selanjutnya jika anda tidak memiliki peralatan peralatan tersebut diatas, maka anda dapat membeli langsung sepaket dengan tanahnya.

7. Lakukanlah Penanaman Dengan Hati-Hati

Tips berikutnya adalah saat melakukan proses penanaman, lakukan dengan lebih hati hati. Contohnya gunakan pencampuran tanah dengan tepat sebelum memasukan tanaman karena itu sangat berpengaruh dengan tingkat kesuburan tanah nantinya.

8. Lakukan Penyiraman Secara Berkala

Tips terakhir yang melengkapi semua hal diatas adalah proses perawatannya. Untuk perawatan tanaman tersebut dapat dimulai dari penyiraman tanaman secara teratur setiap hari. Penyiramannya sendiri biasanya dilakukan sebanyak 2 kali sehari yaitu di pagi dan sore hari.

Taman minimalis sebenarnya selain di rumah juga dapat digunakan di tempat tempat kegiatan usaha tekstil seperti perusahaan konveksi jersey dan tempat tempat lainnya. Karena kita tahu perusahaan perusahaan tersebut memiliki kegiatan yang padat dan tentunya sirkulasi udaranya akan kurang baik. Oleh karena itu perlu yang namanya taman yang dapat memberikan kesejukan.

Leave a Comment

Bekasi

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Order layanan

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Get in touch