Mengenal Marmer dan Jenis Marmer untuk Rumah Minimalis

Review

Batu Marmer merupakan batuan metamorf yang berasal dari kristalisasi batu kapur. Corak batu marmer yang asli tidak dapat diseragamkan karena secara alami alur yang dimilikinya berbeda beda. Marmer menjadi salah satu bahan bangunan yang digemari masyarakat untuk hunian, baik untuk eksterior maupun interior bangunan.

Salah satu bagian rumah yang banyak menggunakan bahan marmer adalah lantai rumah. Alasan mengapa batu alami ini banyak dipilih karena tampilannya yang indah, sangat terkesan luxury. Bahkan hunian minimalis yang menggunakan marmer sebagai bagian dari interiornya pun bisa menciptakan nuansa berbeda pada ruangan.

Kali ini kami akan mengetahui lebih dalam tentang marmer dan jenis jenis marmer khususnya untuk rumah minimalis.

Apa itu Marmer?

Batuan marmer merupakan salah satu jenis batuan metamorf atau malihan yang mana terbentuk karena diakibatkan oleh proses metamorfosis batu kapur atau batu gamping. Yang mana pengaruh temperatur maupun tekanan yang dihasilkan oleh gaya endogen, batu gamping akan mengalami kristalisasi kembali (rekristalisasi) sehingga menghasilkan berbagai struktur foliasi maupun non folias.

Melalui proses metamorphosis tersebutlah batu marmer mempunyai tampilan yang sangat indah dengan corak atau pola tertentu dan mempunyai beragam warna yang terkombinasi hal inilah yang menjadikan alasan orang orang memilih batu marmer sebagai penghias rumahnya. Jasa sewa truk box menjadi pilihan ketika angkutan batu marmer.

Marmer Putih, Sumber: Unsplash/@hngstrm

Berdasarkan atas kegunaannya marmer dibagi menjadi dua jenis yaitu marmer ordinario untuk bangunan, dan marmer statuario untuk seni pahat. Untuk seni, pada umumnya digunakan marmer dengan kristal yang relatif bening dan tekstur berlapis yang menarik, sering dikenal sebagai onix. Walaupun dalam terminologi geologi istilah onix pada awalnya digunakan untuk menyebut bahan yang tersusun oleh silika.

Ciri-ciri Marmer

Sebagai bahan galian yang mempunyai nilai jual tinggi karena warnanya sangat indah, artistic, serta aspek kuat tekan dan geser yang tinggi menjadikan bahan galian ini mempunyai pangsa relatif tinggi hingga menengah. Penggunaan marmer sendiri terus meningkat, terutama di bidang konstruksi bangunan dan estetika bangunan.

Walaupun sempat mengalami krisis zaman dulu, penggunaan marmer terus meluas hingga hari ini. negara yang paling banyak menghasilkan marmer sekaligus mempergunakannya adalah italia ada juga banyak negara penghasil marmer yang mengolah produk mereka di Italia, lalu memasarkan dengan merk-merk Italia.

Di Indonesia sendiri pun pangsa marmer masih cukup baik. Marmer lokal maupun marmer import memiliki konsumen tersendiri yang cukup stabil. Marmer lokal yang memiliki harga yang relatif lebih murah menjadi jenis batuan yang cukup digemari jika dibandingkan dengan marmer impor yang harganya lebih mahal.

Marmer memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan jenis batu lain. Berikut ini beberapa ciri dari batu marmer yang membedakan dengan batuan lainnya.

  1. Mempunyai struktur batu yang kompak.
  2. Gugusan kristal yang ada di batu marmer relatif sama dengan tekstur halus sampai yang agak kasar.
  3. Pada umumnya marmer tersusun atas mineral kalsit dengan mineral minor lainnya seperti mika, klorit, kuarsa, dan jenis silikat lainnya seperti graphit, hematit, dan juga limonit.
  4. Mempunyai nilai komersial atau ekonomi yang bergantung pada warna dan tekstur batu tersebut.
  5. Terpengaruh oleh porositas, kekuatan regangan, dan kekuatan terhadap cuaca.
  6. Ciri lain dari marmer asli adalah dari arah goresan lapisan silikatnya yang gelap. Akan berbeda arah goresan silikat marmer asli dengan batuan lain, walaupun keduanya sekilas kelihatan mirip.

Jenis Marmer untuk Rumah

Jenis marmer dibedakan berdasarkan struktur batu marmer secara fisik, mulai dari warna, tekstur, hingga komposisi mineral di dalamnya. Karena banyak hal menarik dengan segala keindahannya inilah batu marmer digunakan untuk dekorasi interior dan eksterior rumah.

Marmer Abu-abu, Sumber: Unsplash/@rosellastudio

Berikut ini jenis jenis marmer yang digunakan agar rumah senantiasa terlihat minimalis dan elegan.

1. Jenis Marmer Statuary

Jenis marmer satu ini merupakan salah satu batu alam yang paling sering digunakan banyak orang khususnya di Indonesia. jenis batu marmer yang satu ini memiliki tampilan yang halus, putih serta bersih tanpa pola-pola dan tekstur yang kontras.

Sebagai pelengkap interior, penggunaan batu marmer juga sangat bervariasi mulai sebagai lantai marmer, dinding, tabletop, hingga sekedar elemen dekoratif.

2. Jenis Marmer Breccia

Ciri utama dari jenis batu marmer satu ini adalah tampilannya yang memiliki pola serta tekstur lebih kasar daripada material marmer pada umumnya. Walaupun begitu, corak dan pola marmer breccia sangatlah cantik.

Batuan ini umumnya berasal dari Italia dengan warna krem yang khas dan terkadang juga terdiri dari kombinasi sentuhan warna merah mudah dan coklat. Warna dan tekstur batuan ini membuatkan diminati karena dianggap mudah menyatu dengan berbagai desain.

3. Jenis Marmer Onyx

Batu onyx mempunyai ciri-ciri tembus cahaya dan juga jernih. Jenis batu onyx ini memang banyak digunakan untuk furniture meja, interior hunian, lantai, dinding dan lainnya.

Berkat tampilannya yang terkesan mahal, batu marmer onyx lebih sering digunakan pada bangunan-bangunan mewah dibandingkan dengan hunian minimalis.

4. Jenis Marmer Cipolin

Salah satu ciri khas cipolin marble adalah warnanya yang gelap dengan tekstur berlapis-lapisan. Kadang kala lapisannya menyerupai layer cake tetapi bisa juga berbentuk abstrak.

Beberapa jenis diantaranya ada yang terlihat seperti sapuan ulir kuas pada kanvas dan sisanya terlihat lapisan kue. Jenis marmer satu ini kerap digunakan pada zaman dahulu pada bangunan-bangunan yunani kuno.

5. Jenis Architectural Marble

Architectural marble memiliki warna serta pola dan tekstur yang sangat bervariasi. architectural marble juga memiliki tingkat ketahanan yang kuat. Sehingga cocok digunakan untuk bagian eksterior maupun interior rumah. Tak hanya kokoh selama bertahun-tahun, lantai rumah pun akan terlihat semakin elegan dengan penggunaan architectural marble.

6. Jenis Marmer Ornamental

Architectural marble memiliki warna serta pola dan tekstur yang sangat bervariasi.  jenis batu yang satu ini sudah digunakan sejak zaman mitologi Yunani, yaitu saat para pemahat membuat bangunan berpilar dan patung dewa-dewa Olympus.

Marmer Ornamental, Sumber: Unplash/@aaronburden

Meskipun teksturnya terbilang agak kasar, ornamental marble cukup mudah dipahat dibandingkan batuan marmer lainnya.

7. Jenis Shell Marble

Jenis marmer yang tergolong paling mahal adalah shell marble. Jenis ini merupakan merk marmer terbaik Harga tersebut masuk akal karena penampilannya sangat unik dan langka. Kebanyakan desainer interior menggunakan jenis batu marmer ini sebagai titik utama sebuah ruangan karena fungsinya yang lebih ditujukan pada hiasan rumah.

Jenis batu marmer satu ini bisa dikatakan cukup unik dan eksentrik karena terbentuk dari fosil-fosil. Tak heran tampilannya begitu artistik. Karena kelangkaannya, jenis batu alam ini kerap digunakan sebagai point of interest dari sebuah desain baik bangunan maupun interior

8. Jenis Marmer Ruin

Salah satu keunggulan ruin marble adalah teksturnya yang sangat halus. Karena biasanya marmer ini terdiri dari endapan kristal yang membentuk pola unik. Ada dua warna ciri khas ruin marble, yaitu coklat dan krem. Jenis batu ini cocok digunakan untuk menata kamar tidur anak menjadi kelihatan menjadi lebih indah.

Anda bisa memilih marmer ini kalau ingin memberikan aksen bernuansa tanah pada interior maupun eksterior rumah. Pola robek-robek pada batu ini terlihat sangat artistik dan bisa kamu gunakan sebagai material utama sebuah dekorasi rumah.

Jenis Marmer Budidaya

Jenis batu marmer yang juga dikenal sebagai marmer buatan ini merupakan material yang terbuat dari campuran debu-debu batu marmer dan juga semen sehingga menghasilkan material yang menyerupai batu marmer. Marmer budidaya sering dijadikan hiasan kolam dan elemen untuk membuat jalan setapak.

Batu marmer budidaya dapat sangat diidentifikasikan karena permukaannya yang kasar dan polos tidak seperti semua marmer yang memiliki corak. karena teksturnya kasar. Harganya pun lebih bersahabat dibandingkan jenis marmer alami.

Jenis Marmer Hijau

Marmer hijau bukanlah batuan yang terbentuk secara alami melainkan hasil buatan manusia. Ciri khasnya adalah warna hijau lumut dengan pola menyerupai statuary marble. Orang yang menyukai warna hijau kerap menggunakan marmer ini untuk bagian dapur, alas meja, maupun taman minimalis dalam rumah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian marmer, ciri-ciri dan macam jenis marmer. Di antara sekian banyak aneka batu marmer yang telah disebutkan di atas, bisa menjadikan anda lebih mudah untuk menentukan hiasan dan perlengkapan rumah tampak semakin lebih indah.

Leave a Comment

Bekasi

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Order layanan

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Get in touch