Tumbuhan Herbal Rumahan Untuk Ditanam Sendiri

Ekosistem

Ketika tertimpa penyakit, seseorang diharuskan untuk mengonsumsi obat. Beberapa meyakini bahwa jenis obat apapun tidak masalah untuknya. Beberapa lagi hanya mau meminum obat alami dari tumbuhan herbal rumahan.

Intinya, suplemen sintetis atau organik sama-sama menawarkan kesehatan. Nah, untuk Anda yang gandrung dengan obat herbal dan ingin memiliki salah satu dari tanamannya, artikel ini akan memandu Anda mengetahui jenis tumbuhan herbal yang bisa ditanam sendiri.

Sebelum akhirnya beralih ke obat generik berbentuk pil atau cairan, orang-orang tua terbiasa untuk terlebih dahulu menghilangkan sakitnya dengan meminum jamu atau rebusan tumbuhan herbal tertentu.

Hal ini sudah menjadi tradisi. Mengingat budaya minum jamu sendiri juga lebih lama ada di Indonesia sebelum obat kimia. Jamu-jamu dari tanaman lokal tersebut punya banyak macam dan campuran dengan khasiat yang berbeda-beda karena memang tumbuhan herbal itu punya ribuan jenis spesies.

Dan hampir dari 90 persen darinya dapat ditemui di Indonesia. Tanaman-tanaman herbal yang banyak macamnya itu kemudian dihimpun dalam satu kelompok dengan nama TOGA (Tanaman Obat Keluarga).

Pemanfaatan TOGA sudah dilakukan sejak lama. Pada masa pra sejarah, beberapa jenis tumbuhan sudah dimanfaatkan untuk mengusir serangga dan menghilangkan penyakit.

Beberapa jenis tanaman punya manfaat di setiap bagiannya. Daunnya digunakan, buahnya digunakan, batangnya digunakan, dan akarnya digunakan juga. Maka variasi dan pencampurannya dengan jenis tanaman lain akan menghasilkan obat yang unik.

Tumbuhan-tumbuhan yang dianggap menyehatkan kadang juga tidak melulu dipakai untuk dibuat ramuan herbal, kadang ia dikonsumsi biasa atau dijadikan bumbu dapur sehingga manfaatnya bisa dirasakan tanpa perlu tertimpa penyakit dahulu.

Coba Tanam 5 Tumbuhan Herbal Ini Di Rumah Anda

Sebagai daerah dengan jenis tumbuhan herbal yang melimpah, Anda bisa menanam salah satu jenisnya sendiri di rumah Anda. Dalam kasus tertentu, membeli tumbuhan herbal yang sejatinya bisa ditanam sendiri terkesan eman.

Apalagi jika ternyata lahan kosong yang Anda miliki cukup luas, tumbuhan herbal yang ditanam bisa banyak macamnya. Atau tanam satu jenis saja kemudian buat bisnis dengannya. Berikut adalah beberapa TOGA pilihan untuk ditanam di rumah :

1. Tumbuhan Herbal Jahe

Jahe masyhur manfaatnya di kalangan masyarakat. Tidak hanya sebagai obat, air rebusannya biasa diminum untuk menghangatkan diri atau dicampur dengan wedangan lain seperti teh. Manfaat teh jahe begitu besar bagi kesehatan dan kebugaran.

Tumbuhan Herbal Rumahan Untuk Ditanam Sendiri
Teh jahe sebagai wedangan berkhasiat. Sumber : Istockphoto.com

Kandungan aktif dalam jahe dapat mengatasi masalah pencernaan, mual-muntah, nyeri akibat haid, pusing karena vertigo, rematik, juga nyeri sendi.

Kandungan jahe atau biasa juga disebut dengan gingerol bahkan dianggap berkhasiat mencegah tumbuhnya sel kanker usus besar. Untuk Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan, mengonsumsi jahe akan membantu Anda.

Nah, sekedar informasi, modern ini masyarakat lebih sering mengonsumsi jahe dalam bentuk bubuk atau campuran lainnya. Padahal, senyawan gingerol paling kuat ditemui di buah jahe yang segar.

Dengan menanam tumbuhan jahe sendiri, Anda bisa mengambilnya sendiri sewaktu-waktu untuk merasakan manfaatnya secara maksimal.

2. Tumbuhan Herbal Kunyit

Kurkumin dalam kunyit sudah terkenal didunia jamu. Pengonsumsian kunyit sebagai jamu atau obat sering dijumpai untuk kalangan anak-anak ketika sedang flu atau untuk menjaga stamina dan kesehatan.

Nah, karena terkenal untuk mengatasi penyakit-penyakit umum ini, akhirnya kunyit dianggap terlalu remeh dan masyarakat tidak tahu khasiat lainnya yang lebih besar bagi kesehatan manusia dewasa.

Kunyit mampu mengatasi penyakit hati, melindungi kesehatan fungsi saraf, mencegah kanker usus besar, dan bahkan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Kencur

Sama dengan kunyit, kencur merupakan tanaman herbal yang biasa dijumpai dalam dunia jamu. Kencur juga sama dengan jahe dalam hal bentuk. Mereka masih dalam satu ordo tanaman.

Kencur masih satu keluarga dengan jahe. makanya bahasa inggris dari kencur adalah aromaterapic ginger
Ilustrasi kencur sebagai jamu kesehatan. Sumber : Istockphoto.com

Manfaat kencur yang umum diketahui antara adalah sebagai penawar batuk berdahak, flu, diare, dan obat sakit gigi. Kencur juga biasa dikonsumsi anak-anak untuk menambah nafsu makan dan mengobati otot pasca olahraga.

Nah, penemuan unik kemudian didapatkan terhadap kandungan dari tanaman kencur. Ternyata, ia baik untuk kesehatan mental seseorang lho. Penelitian dari Bangladesh menemukan kalau ekstrak kencur bisa jadi antidepresan dan kurangi stres.

Sangat bermanfaat untuk masyarakat modern ini bukan? Anda yang tinggal di kota besar bisa coba untuk tanam kencur di rumah sendiri. Manfaatkan lahan-lahan terbatas hingga tepi dinding pagar.

4. Tumbuhan Herbal Kumis kucing

Tanaman yang satu ini namanya sudah tidak asing lagi di telingan masyarakat Indonesia. Kumis kucing merupakan sejenis tanaman kecil berbunga asli Indonesia yang daunnya biasa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit.

Biasanya daun kumis kucing dipakai untuk menyembuhkan luka di kulit atau luka di gusi. Sebab kumis kucing ini memiliki kandungan zat antiradang. Maka, tidak hanya untuk menyembuhkan luka, ia juga mampu menyembuhkan asam urat, menghentikan kejang, rematik, mengendalikan gejala rematik, bahkan bisa juga untuk penyakit ginjal.

Tumbuhan Herbal Rumahan Untuk Ditanam Sendiri
Tanaman kecil berbunga yang bisa jadi obat. Sumber : Istockphoto.com

Nah, karena tanaman herbal satu ini berbunga dan bisa ditaruh di pot kecil, Anda bisa memakainya sebagai tanaman hias indoor

5. Daun sirih (Dan Daun Lainnya)

Daun sirih terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan gigi dan mulut. Sejak zaman dulu daun sirih biasa dikunyah bersama campuran kapur dan buah pinang sebelum adanya obat gigi modern.

Daun sirih menghambat pertumbuhan bakteri pada mulut sehingga mencegah penyakit gusi dan gigi berlubang. Selain itu daun sirih juga acapkali dipakai untuk menghentikan pendarahan dan mengobati luka bakar karena kandungan antioksidan tannin didalamnya dapat mempercepat respon tubuh untuk membekukan darah dan menyembuhkan luka.

Selain daun sirih, ada banyak daun dari tumbuhan lain yang juga dapat menjadi obat. Salah satunya adalah daun sirsak. Buah sirsak yang biasa dimakan ternyata memiliki daun yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Anda bisa menggunakan air sisa rebusan daun sirsak sebagai pencegahan terhadap gangguan diabetes, kanker, kolesterol.

Selain itu ternyata daun pepaya yang biasa dimakan untuk sayur itu juga memiliki khasiat herbal yang hebat. Air rebusan daun pepaya yang kemudian dicampur asam mampu menjadi obat bagi banyak penyakit.

Walau khasiat yang diberikan tidak seampuh obat bagi penyakit sesungguhnya, tapi setidaknya ketika Anda sedang membuat sayur daun pepaya, Anda juga bisa manfaatkan air sisa rebusannya untuk di minum.

Nah, sebagai penutup artikel, sekedar informasi bagi Anda yang telah membaca, bijaklah dalam menghadapi penyakit. Tidak semua jenis penyakit bisa diatasi hanya dengan mengonsumsi jenis-jenis tumbuhan herbal di atas. Apalagi jika penyakit parah seperti kanker, kolesterol dan sejenisnya. Periksakan diri Anda ke dokter supaya perawatan dan obat yang diberikan lebih benar dan manjur.

Silahkan kunjungi website kami untuk artikel informatif lainnya. Bingung mencari souvenir untuk dekorasi dinding? Temukan jawabannya di website kami. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment

Bekasi

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Order layanan

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Get in touch