Souvenir untuk Dekorasi Dinding

Desain

Souvenir untuk dekorasi dinding kini sangat beragam jenisnya. Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepatnya membuat para dekorator semakin kreatif dan inovatif. Dari souvenir untuk dekorasi dinding yang harganya mulai ribuan rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Bahkan ada juga yang jutaan rupiah mungkin.

Sudah menjadi suatu hal yang umum di tengah – tengah masyarakat soal souvenir. Bahkan yang tadinya souvenir untuk dekorasi dinding biasa kini juga merambah untuk mendekor ruang – ruang kerja kita. Bahkan juga tiap – tiap perusahaan melakukannya dengan baik. Dari mulai mendekor dinding ruangan dalam rumah dengan souvenir, sampai dinding luar rumah juga.

Souvenir yang biasa dijadikan dekorasi dinding ternyata pernah kita pelajari

Souvenir sendiri sebenarnya sudah pernah kita pelajari sejak masa kanak – kanak. Kalau teman – teman masih ingat, dulu sewaktu masih duduk di bangku TK. Pastilah guru – guru kita mengajarkan sebuah pembelajaran tentang kreativitas atau kerajinan tangan. Kala itu saya masih ingat disuruh memberi lem pada sebuah kertas yang sudah ada gambarnya.

Ilustrasi gambar souvenir by tokopedia
Ilustrasi gambar souvenir by tokopedia

Kemudian setelah gambar itu sudah diberi lem sesuai dengan intruksi guru, kami pun melanjutkan intruksinya untuk menaburi bubuk kayu. Atau sisa – sisa remukan perajin kayu. Tentu teman – teman masih ingat ya? Dan bubuk itu pun varian pula teksturnya. Ada yang lembut, ada yang sedikit kasar, dan ada pula yang kasar. Ini gunanya untuk memberikan gradasi tersendiri pada kerajinan itu. Yang nanti akan menambah nilai seni lebih dan memiliki nuansa yang khas. Tentu bentuk aplikasi pembelajaran itu berbeda – beda ya, ini hanya salah satu contohnya saja.

Pengertian souvenir

Nah, lantas apa sih yang dimaksud souvenir? Ternyata pengertian souvenir terikat erat dengan masa lalu kita lho teman – teman. Ehem, cie – cie. Jadi, souvenir adalah suatu benda yang dianggap sebagai tanda atau simbol kenangan. Sebuah kenangan atas peristiwa atau kejadian yang telah dialami, alias masa lalu.

Istilah souvenir sendiri berasal dari bahasa Perancis lho teman – teman. Yaitu ‘souvenir’ yang memiliki arti kenangan atau mengenang. Kemudian dalam bahasa inggris kata souvenir memiliki arti sebagai benda pengingat akan sebuah objek tertentu. Yang dimaksud objek disini adalah tempat, sebuah event , peristiwa, dan seseorang atau tokoh tertentu.

Dalam kamus The Collins Cobuild Dictionary, souvenir memiliki pengertian sebuah benda yang relatif kecil dan harganya tidak mahal. Yang biasanya untuk dihadiahkan, disimpan, atau dibeli sebagai kenang – kenangan kepada suatu tempat yang pernah dikunjungi. Dan suatu peristiwa tertentu yang pernah dialami.

Dijelaskan juga dalam kamus Webster English Dictionary, bahwa souvenir adalah benda yang dibawa oleh para wisatawan sebagai kenang – kenangan dari perjalanannya tersebut. Nah, demikian pengertian seputar souvenir ya teman – teman. Tapi ada pertanyaan menarik nih, apakah souvenir bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan?

Souvenir merambah ke industri

Ilustrasi gambar souvenir by tokopedia
Ilustrasi gambar souvenir by tokopedia

Awal mulanya souvenir ini adalah produk yang merupakan bagian dari pelbagai barang – barang yang dihasilkan dari kerajinan tangan manusia kreatif (handy crafts). Alhasil para perajin yang sangat kreatif dapat merubah benda – benda yang tadinya tidak berharga menjadi barang kerajinan tangan yang memiliki nilai. Dan banyak diminati orang karena menariknya barang tersebut, terutama para wisatawan yang paling banyak jatuh hati melihatnya.

Lalu dengan seiringnya perkembangan zaman era moderen ini, souvenir tersebut tidak hanya menjadi kerajinan tangan ala kadarnya. Tetapi berubah menjadi sebuah cinderamata yang dapat memikat mata – mata yang melihatnya. Barang yang tadinya dari suatu tempat bekas dikunjungi tetapi berubah memiliki nilai lebih.

Kini souvenir juga sudah merambah ke industri. Yang tadinya mingkin hanya di produksi segelintir orang saja, sekarang sudah banyak yang memproduksinya. Dan banyak pula yang menggunakan sebab tahu manfaatnya. Biasanya juga sering digunakan dalam sebuah event, kegiatan, pernikahan, dan upacara tertentu.

Beberapa macam souvenir hingga hari ini diantaranya adalah kaos, topi, pigura, kaligrafi, miniatur lambang wilayah atau bangunan wilayah itu sendiri, cangkir, mangkok, asbak, sendok, tumbler, dan yang lain sebagainya. Oleh karena itu, bisa kita simpulkan bahwa souvenir dapat membawa kita kembali pada masa lalu yang penuh dengan kenangan atas peristiwa itu.

Souvenir, rumah kita, dan perusahaan kita

Misalkan hadiah souvenir yang diberikan seseorang kepada temannya sewaktu wisuda. Barang itu akan mampu membawa pemiliknya pada nuansa wisuda kala itu setelah dia sudah lama lulus dari kampusnya. Dan memberikan rasa tersendiri saat melihat dan mengingatnya. Lantas bisakah souvenir itu menghadirkan rasa semangat saat kita kerja, dan ketenangan saat kita dirumah?

Ilustrasi gambar souvenir by tokopedia
Ilustrasi gambar souvenir by tokopedia

Sebelum kita lanjut kesana, kalau saja teman – teman membutuhkan souvenir perusahan eklusif bisa langsung klik tulisan berwarna ini. Atau kalau juga membutuhkan desain untuk dinding luar rumah juga ada.

Baik kita lanjut, ternyata souvenir bisa menghadirkan semangat saat kita kerja bahkan mampu menjaga semangat kerja kita. Misalkan saya kasih contoh, katakanlah teman – teman mengidolakan Muhammad Al – Faith. Sang penakluk Konstantinopel pada tahun 1453 M, seorang pemuda yang berusia 21 th itu telah mewujudkan bisyarah Rasulullah sehingga menambah ketinggian Islam dan kaum Muslimin. 

Kemudian langkah berikutnya teman – teman tinggal bikin souvenirnya atau beli. Insha Allah semangat hadir dan selalu terjaga di ruang kerja teman – teman. Lalu bagaimana agar ketenangan juga bisa hadir dengan perantara souvenir di rumah kita? Ya mungkin banyak diantara kita sibuk seharian bekerja, sekolah ataupun kuliah. Sehingga pulang kerumah ingin ngefreshkan kembali pikiran, jiwa dan raga.

Mudah saja caranya, yakni tinggal pilih siapa idola teman – teman atau sesuatu yang membuat teman – teman tenang. Missal lafadz Allah ‘Azza wa Jalla dan nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam. Tinggal teman – teman pasang souvenirnya berupa kaligrafi ataupun berupa lainnya. Dan yang terpenting bagi kita sebagi seorang Muslim tetap mematuhi rambu – rambu syar’i. Mungkin kalian juga membutuhakan bacaan lain seperti Rekomendasi Ide Dekorasi Kamar Anak dan 7 Desain Interior Rumah Minimalis. Sekian semoga bermanfaat, terimakasih!

Leave a Comment

Bekasi

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Order layanan

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Get in touch