Jenis-Jenis Cat Dinding Rumah Recommended

Review

Kembali berjumpa kembali kita di Bekasi creative. Kali ini kita akan membahas tentang cat dinding rumah ya. Ternyata pemilihan jenis cat dinding rumah juga penting kita perhatikan.

Supaya tampilan rumah kita semakin tampak indah dan tentunya keluarga juga dapat merasakan kenyamanan di rumah kan ya. Maka disinilah pentingnya kita memilih cat dinding untuk rumah kita. Selain memang harus sesuai dengan keinginan kita, juga harus serasi antara warna satu dengan warna yang lainnya.

Ohya, sebelum kita membahasnya lebih lanjut. Apakah Anda pernah menemui cat dinding pada rumah terlihat tidak cocok dengan ornamen lainnya?. Atau bahkan catnya mudah mengelupas sehingga membuat tampilan bangunannya terlihat jelek?. Jangan – jangan itu semua ada di rumah kita? Hehe.  

Tidak usah galau, semoga tulisan ini bisa membantu memberi solusi pada dinding rumah Anda. Dan buat Anda yang sedang membangun rumah, untuk langkah awal coba perhatikan dulu desain rumah yang minimalis.

Ilustrasi-gambar-cat-dari-istockphoto.jpg
Pilihan warna cat dinding polos minimalis. Sumber : istockphoto.

Cat Dinding Rumah Berdasarkan Lapisan

Sebagaimana yang telah kita singgung sedikit di awal artikel ini. Bahwa memilih cat dinding untuk rumah kita ternyata juga harus mengetahui berbagai macam jenis catnya. Supaya hasil yang didapatkan sesuai dengan keinginan kita dan tampilan rumahnya juga indah.

Alangkah lebih baiknya lagi kita juga menguasai ilmu terkait perpaduan warna, ya minimal mengetahuilah. Kalau kita masih ingat di waktu sekolah dulu, ilmu ini kita dapatkan di mapel Seni. Nah langsung saja, berikut penjelasan jenis cat dinding rumah berdasarkan lapisan.

1. Cat Dinding Rumah Primer

Cat primer berbahan air atau minyak ini biasa digunakan untuk pengecatan pertama yang dilakukan pada permukaan dinding. Kegunaan langkah pertama ini supaya memberikan daya lekat yang kuat pada dinding dengan cat setelahnya.

Cat dinding rumah primer ini juga akan membantu tembok Anda tahan terhadap kelembaban yang tinggi. Dan mengurangi risiko tembok dari rembes serta basah. Cat dasar dinding ini juga bagus untuk menutupi bagian yang retak.

2. Cat Dinding Rumah Undercoat

 Cat undercoat atau cat dasar yang kedua ini digunakan setelah cat primer. Hal ini berfungsi untuk menghaluskan permukaan cat primer. Dan melindungi cat primer dari terkenan pancaran sinar ultra violet.

3. Cat Dinding Rumah Akhir

Cat terakhir atau finishing ini dilakukan pada dinding agar memberikan keindahan dan memunculkan warna yang menarik. Selain cat ini digunakan pada dinding juga biasa untuk mengecat langit – langit rumah.

Mengecat bagian akhir ini merupakan sebagai emulsi yang berbahan dasar air dan campuran vinil serta akrilik resin. Hal ini dapat membuatnya lebih awet dari jenis konvensional. Tentu Anda juga akan membutuhkan contoh warna rumah yang indah, semakin banyak contoh semakin bagus untuk menambah ide.

Kegunaan cat emulsi ini juga untuk eksterior rumah, tetapi Anda harus memberikan kandungan tambahan padanya. Hal itu supaya memberikan daya weather resistant. Dan ada tiga jenis cat emulsi: A. Emulsi Vinyl Matt (tidak mengilap) B. Vinyl Satin (mengilap sedang), C. Vinyl Silk (mengilap tinggi).

Ilustrasi-gambar-cat-dari-istockphoto.jpg
Ilustrasi proses finishing cat dinding. Sumber : istockphoto.

5 Cat Dinding Rumah Berdasarkan Kegunaannya

Biasanya ketika kita sedang membeli cat di toko maka kita akan ditawari berbagai macam jenis cat. Ada yang anti noda, tahan jamur, tahan air, hanya digunakan untuk kayu, khusus untuk tembok dan lain sebaginya.

Maka setelah kita membahas jenis cat dinding yang berdasarkan lapisan. Dan agar tepat guna dalam pengaplikasiannya, tentu kita perlu memahami jenis cat beserta kegunaanya.

1. Alkyd Syntetic

Jenis cat bangunan kali ini kegunaannya bisa untuk interior ataupun eksterior rumah. Cat alkyd syntetic ini memiliki sifat yang mengilap atau glossy. Kelebihannya adalah tahan lama, bebas jamur, tahan dari segala macam cuaca dan bisa dipulaskan juga pada besi serta kayu.

2. Zinc Chromate Primer

Biasanya kebanyakan rumah sekarang memiliki pagar, baik mengelilinginya ataupun hanya di depan saja. Maka apabila pagar rumah Anda berbahan dari besi, jenis cat ini cocok sebagai pilihannya.

Cat ini mampu menjaga dari korosi, sehingga pagar besi Anda lebih awet. Dan keindahan rumah Anda akan semakin ciamik bilamana ada taman dalam rumah. Hal ini juga akan membantu Anda agar sang buah hati mudah untuk diminta tidak main keluar rumah.

3. Cat Duco

Cat jenis ini sering kita dengar digunakan untuk mobil, tapi kali ini bukan untuk itu ya. Melainkan cat ini adalah salah satu jenis cat bangunan yang digunakan untuk menghaluskan permukaan logam dan kayu.

Ilustrasi-gambar-cat-dari-istockphoto.jpg
Ilustrasi gambar cat dinding. Sumber : istockphoto.

4. Emulsi Styrene Acrylic

Material bangunan seperti asbes, batu – bata atau batako, tripleks dan beberapa material lainnya. Bisa dipulasi dengan jenis cat emulsi styrene acrylic ini. Karena sifat dari cat ini dapat melindungi material dari air.

5. Epoxy

Tingginya kandungan risen yang terdapat pada jenis cat epoxy ini bisa digunakan untuk melindungi material bangunan. Pada umumnya, jenis cat yang satu ini memiliki sifat yang lengket. Dan pada cat epoxy sendiri terdapat tiga jenis yang sering digunakan.

Yang pertama adalah lem epoxy, epoxy injection dan yang terakhir yaitu dempul epoxy. Demikian pembahasan artikel kita pada kali ini ya. Dan buat Anda yang sedang mencari lokasi strategis untuk rumah baru. Apalagi lintas kota, lebih baiknya Anda segera memesan travel antar kota sebelum kehabisan tiket.

Oke terimakasih ya guys sudah menyimak dengan saksama artikel ini. Semoga dapat memberikan manfa’at kepada Anda, dan jangan lupa untuk menyebarluaskannya. Supaya semakin banyak saudara – saudara kita di luar sana yang juga dapat mengambil manfa’atnya, wassalamu’alaikum!

Leave a Comment

Bekasi

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Order layanan

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Get in touch