Jenis Tanaman Indoor untuk Mempercantik Interior

Ekosistem

Desain interior rumah memiliki beberapa elemen yang saling melengkapi. Inilah sebabnya mengapa peran setiap komponen di dalamnya adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan secara teliti. Jenis tanaman indoor dalam ruangan dapat meningkatkan sirkulasi udara dalam ruangan dan juga dapat menambah daya tarik estetika pada sebuah rumah.

Berbagai macam jenis tanaman indoor. Sumber: istockphoto.com
Berbagai macam jenis tanaman indoor. Sumber: istockphoto.com

Mengisi rumah dengan perabotan tentunya sudah menjadi hal yang lumrah. Namun, mempercantik rumah dengan tanaman tentu akan menjadi pemandangan yang indah.

Memelihara tanaman tak hanya dilakukan di kebun atau pekarangan rumah. Saat ini sudah banyak jenis tanaman indoor yang bisa dijadikan taman minimaslis dalam rumah. Tanaman hias ini sering memiliki efek pemanis di dalam  ruangan dan menciptakan efek pendinginan. Selain menambah kesan estetis, tanaman memiliki manfaat khusus seperti perlindungan terhadap polusi  racun.

Anda tidak perlu khawatir tanaman indoor ini mati karena diletakkan di dalam rumah. Tanaman ini dapat ditempatkan di dalam ruangan yang membutuhkan sedikit sinar matahari. Anda hanya perlu memberikan sirkulasi udara yang baik saat menyiram dari waktu ke waktu.

Jenis Tanaman Indoor

Apakah Anda ingin membuat desain interior rumah Anda menjadi indah? Mudah! Cukup tambahkan tanaman indoor sebagai penghias. Tanaman yang indah dan tidak hanya menciptakan suasana yang indah, tetapi juga memiliki manfaat khusus di dalam rumah. Yuk, simak 8 tanaman hias yang cocok untuk rumah Anda!

1. Lidah Mertua (Sansevieria)

Meski namanya sedikit aneh, lidah mertua merupakan tanaman hias yang paling umum digunakan di rumah. Bentuknya adalah lembaran datar yang memanjang ke atas. Warnanya hijau agak kekuning-kuningan dan sebenarnya digunakan untuk memberi warna lain pada sudut-sudut ruangan. 

Jenis tanaman indoor lidah mertua. Sumber: istockphoto.com
Jenis tanaman indoor lidah mertua. Sumber: istockphoto.com

Lidah mertua dapat tumbuh dalam berbagai kondisi. Namun, yang terbaik adalah menempatkannya di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung. Tanaman ini juga tidak membutuhkan banyak air. Benar-benar cukup di siram air secukupnya saja.

Tanaman ini tidak hanya mempercantik ruangan, tetapi juga menyaring oksida berbahaya seperti karbon dioksida, formalin dan benzena. Letakkan lidah mertua di rak dekat TV, di kamar mandi, atau di kamar tidur agar udara di dalam rumah lebih segar dan bersih.

2. Spider Plant

Rekomendasi tanaman hias selanjutnya adalah spider plant. Tanaman ini cocok untuk digantung daripada diletakkan di atas meja, sehingga sangat cocok untuk dekorasi yang berbeda. sebaiknya hindari sinar matahari langsung.

Jenis tanaman indoor spider plant. Sumber: istockphoto.com
Jenis tanaman indoor spider plant. Sumber: istockphoto.com

Tanaman spider plant berbentuk seperti kaki laba-laba. Daunnya tipis dan memanjang dan biasanya keluar dari pot. Warna daunnya hijau muda dan keputihan. Disarankan untuk menanam tanaman spider plant dalam beberapa pot untuk memberikan kesan yang lebih ramah lingkungan dan menarik di dalam rumah.

Peran khusus tanaman spider plant adalah mampu berperan sebagai penyaring racun di dalam rumah sekaligus memberikan kesan natural pada ruangan. Selain itu, tanaman spider plant juga dapat menyerap bahan kimia yang dihasilkan oleh kulit dan karet.

3. Peace Lily

Tanaman hias dengan warna daun hijau tua dan bunga putih. Perpaduan warna yang cantik ini bisa menjadi penghias meja ruang tamu Anda. Selain itu, peace lily membantu membersihkan udara kotor di dalam ruangan.

Jenis tanaman indoor peace lily. Sumber: istockphoto.com
Jenis tanaman indoor peace lily. Sumber: istockphoto.com

Jika Anda menyukai tanaman hias berbentuk bunga, Anda bisa mencoba Peace Lily yang seindah dengan namanya. Dengan sedikit sinar matahari langsung, tanaman hias ini dapat mekar dengan daun hijau yang cukup besar dan kelopak putih yang indah.

Dipercaya sebagai pembawa hoki, tanaman hias ini tidak hanya cantik, tetapi juga mampu menyerap bahan kimia beracun di dalam ruangan.

4. Palem Kuning

Palem kuning memiliki pelepah berdaun panjang yang menutupi batang yang tersegmentasi. Sebagai tanaman dedaunan, palem kuning memberikan suasana tropis yang nyaman dipandang mata saat bersantai. Anda bisa meletakkannya di ruang tamu.

Jenis tanaman indoor palem kuning. Sumber: istockphoto.com
Jenis tanaman indoor palem kuning. Sumber: istockphoto.com

Cukup rajin beri pupuk agar daunnya selalu rindang, dengan sedikit sinar matahari. Juga, pilihlah produsen pupuk organik untuk memaksimalkan kemampuan menyerap udara buruk di kamar Anda. Ingatlah untuk menyiram secara teratur karena tanaman hias ini tumbuh di daerah yang lembab.

5. Philodendron

Tanaman daun yang bernama philodendron ini memberikan kesan elegan dengan detail yang menarik. Daunnya tumbuh berbentuk hati dan memiliki helaian hijau yang terpisah. Philodendron dapat tumbuh dalam intensitas cahaya yang rendah.

Jenis tanaman indoor philodendron. Sumber: istockphoto.com
Jenis tanaman indoor philodendron. Sumber: istockphoto.com

Tanaman ini cocok ditempatkan di sudut dalam ruang tamu karena tidak memerlukan banyak perawatan karena tidak cocok untuk anak kecil dan hewan peliharaan. Hal ini karena tanaman philodendron mengandung kristal kalsium oksalat. Kalsium oksalat bisa sangat tidak sehat saat tertelan. Meski demikian, tanaman hias ini tetap bisa menjernihkan udara di rumah Anda.

6. Lidah Buaya

Rekomendasi tanaman hias terakhir ini dia lidah buaya, tanaman favorit jutaan orang, baik sebagai tanaman taman maupun sebagai tanaman hias. Tanaman yang juga termasuk sukulen ini dikenal sebagai makanan super yang kaya akan mineral dan vitamin.

Jenis tanaman indoor lidah buaya. Sumber: istockphoto.com
Jenis tanaman indoor lidah buaya. Sumber: istockphoto.com

Tidak hanya dikenal sebagai tanaman kecantikan, tanaman daun lidah buaya ini juga dikenal dapat membantu menghancurkan senyawa benzena yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Senyawa benzena sendiri biasanya terdapat pada cat pada dinding rumah. Anda bisa meletakkan tanaman lidah buaya ini di meja kerja atau meja kerja Anda untuk menyegarkan pikiran.

Mari kita buat rumah yang lebih ramah lingkungan dengan tanaman di atas. Tanaman apa yang menurut Anda akan menjadi tanaman hias di rumah Anda? jangan lupa share dan nantikan ulasan menarik selanjutnya. 

Leave a Comment

Bekasi

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Order layanan

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Get in touch