Rekomendasi 9 Tanaman Indoor Pengusir Nyamuk 

Ekosistem, Review

Tanaman indoor pengusir nyamuk selain ampuh untuk menghalau serangga pengganggu, juga bisa menambah nilai estetika sebuah hunian. Dalam memilih tanaman pengusir nyamuk, tentu harus selektif karena tanaman akan diletakkan di dalam rumah. 

Kesalahan dalam memilih tanaman pengusir nyamuk, bisa membuat rumah terlihat kurang rapi. Terlebih jika Anda tidak memiliki cukup banyak waktu untuk merawat tanaman tersebut setiap hari. 

Tanaman Indoor Pengusir Nyamuk

Supaya tanaman pengusir nyamuk yang Anda tempatkan di dalam rumah tidak mengganggu keindahan, Berikut ini rekomendasi 9 tanaman yang ampuh untuk mengusir nyamuk sekaligus bisa mempercantik sebuah ruangan.

1. Lavender

Selain memiliki tampilan yang indah dan menawan, lavender menjadi salah satu tanaman yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Anda bisa meletakkan minyak atsiri pada tanaman lavender untuk mengusir nyamuk. Aroma wangi yang dihasilkan tanaman tersebut dan minyak atsiri tidak disukai oleh nyamuk sehingga rumah Anda bisa bebas dari serangga.

Tanaman indoor pengusir nyamuk, lavender. Sumber Kompas
Tanaman indoor pengusir nyamuk, lavender. Sumber Kompas

Perlu diketahui bahwa tanaman lavender tahan lama dan tentunya sangat kuat namun perlu adanya sinar matahari dan juga drainase. Tanaman tersebut dapat tumbuh subur di daerah yang lebih hangat dan bisa bertahan pada berbagai iklim. Anda bisa meletakkan tanaman lavender pada ruangan belajar maupun ruang tamu.

2. Rosemary

Tanaman pengusir nyamuk kedua yang bisa Anda pilih yaitu rosemary. Tanaman tersebut biasanya dijadikan dalam bumbu masakan. Memiliki aroma khas kayu yang bisa membuat nyamuk enggan mendekat karena aromanya yang kuat.

Tanaman indoor pengusir nyamuk rosemary. Sumber Detik
Tanaman indoor pengusir nyamuk rosemary. Sumber Detik

Tanaman rosemary direkomendasikan sebagai tanaman pengusir nyamuk yang ampuh. Tanaman tersebut bisa tumbuh baik pada semua iklim, sehingga tidak perlu adanya perawatan yang khusus. Anda bisa meletakkan tanaman rosemary pada ruang tamu dengan menggunakan pot-pot yang kecil.

3. Marigold

Tanaman indoor pengusir nyamuk selanjutnya yaitu marigold. Tanaman yang termasuk dalam kategori tanaman hias ini memiliki warna yang mencolok sehingga banyak yang mencari karena keindahannya dan kecantikannya. Perlu diketahui aroma yang kuat dari tanaman tersebut dipercaya ampuh dalam mengusir nyamuk.

Tanaman pengusir nyamuk marigold. Sumber Detik
Tanaman pengusir nyamuk marigold. Sumber Detik

Selain bisa mengusir datangnya nyamuk, tanaman marigold juga bisa mencegah adanya kutu daun, thrips, lalat putih, kumbang kacang meksiko, dan lain sebagainya. Anda bisa meletakkan tanaman tersebut pada ruang keluarga atau ruang tamu dengan menggunakan vas-vas cantik yang memiliki ukuran tidak terlalu besar.

4. Geranium

Tanaman hias selanjutnya yang mampu mengusir nyamuk yaitu geranium. Memiliki aroma yang khas, yaitu aroma lemon yang dikeluarkan oleh tanaman hias tersebut membuat nyamuk tidak suka.

Bunga tanaman geranium. Sumber Rimbakita
Bunga tanaman geranium. Sumber Rimbakita

Perlu diketahui bahwa perawatan tanaman geranium tidak perlu perawatan yang sulit. Karena tanaman hias tersebut bisa tumbuh cepat pada iklim yang hangat, cerah, kering, dan juga bisa tumbuh pada iklim yang dingin. Memiliki warna-warna yang cantik tanaman geranium bisa dijadikan hiasan pada halaman depan rumah.

5. Kemangi atau Basil

Selain bisa dijadikan sebagai lalapan, nyatanya kemangi juga ampuh sebagai tanaman indoor pengusir nyamuk. Karena aromanya yang sangat kuat, tanaman tersebut bisa membuat serangga atau hama menjadi tidak tahan.

Tanaman kemangi. Sumber Pixabay
Tanaman kemangi. Sumber Pixabay

Perawatan tanaman kemangi ini perlu ketelatenan. Anda harus selalu menjaga kelembaban tanaman tersebut, memperhatikan drainase yang baik, dan juga harus mempersiapkan tempat yang selalu terkena sinar matahari. Anda bisa meletakkan tanaman tersebut pada ruangan dapur yang dekat dengan ventilasi agar sinar matahari bisa mengenai kemangi.

6. Ageratum

Tanaman hias selanjutnya yang bisa mengusir nyamuk yaitu ageratum. Tanaman tersebut memiliki bunga keunguan yang cantik dan serat putih yang mengelilingi tanaman tersebut. Kandungan senyawa yang bernama kumarin pada ageratum mampu mengusir nyamuk yaitu senyawa kimia alami yang beracun.

Tanaman hias ageratum. Sumber Thespruce
Tanaman hias ageratum. Sumber Thespruce

Perawatan tanaman ageratum bisa dibilang mudah yaitu mampu tumbuh pada cahaya matahari yang penuh maupun yang teduh. Apabila Anda meletakkan tanaman hias tersebut di dalam ruangan, pastikan tanaman jauh dengan hewan peliharaan Anda.

7. Allium

Tanaman indoor pengusir nyamuk selanjutnya yang ampuh yaitu allium. Tanaman hias tersebut ke dalam tanaman umbi-umbian yang dibenci oleh nyamuk. Seperti bawang putih atau bawang bombay yang memiliki aroma sangat kuat.

Bunga tanaman allium. Sumber Pixabay
Bunga tanaman allium. Sumber Pixabay

Tanaman hias tersebut memiliki bentuk yang bisa dibilang unik yaitu, memiliki bola berwarna putih dan mengembang di atas batang yang ramping dan juga panjang. Untuk hiasan, Anda bisa menanam bunga tersebut pada vas dalam ruangan. Tidak hanya itu saja, tanaman umbi tersebut bisa dijadikan pengobatan alternatif pada berbagai tempat.

8. Lantana Camara

Tanaman hias selanjutnya yang ampuh dalam mengusir nyamuk yaitu lantana camara. Tanaman yang sering disebut juga dengan “tahi ayam” ini ampuh dalam mengusir nyamuk. Karena mengandung senyawa yang disebut senyawa fitokimia yang akan membuat nyamuk ketakutan.

Tanaman hias lantana camara. Sumber Wikimedia
Tanaman hias lantana camara. Sumber Wikimedia

Perlu diketahui bahwa tanaman yang satu ini cukup mudah ditemui di Indonesia. Lantana camara termasuk jenis tanaman indoor yang bisa Anda tanam pada vas atau pot bunga dan bisa Anda letakkan pada ruang kerja yang mana akan semakin mempercantik desain interior rumah minimalis.

9. Catnip

Tanaman hias terakhir yang ampuh dalam mengusir nyamuk yaitu catnip. Tanaman hias tersebut sangat ampuh dalam mengusir nyamuk. Namun perlu diperhatikan jika Anda memiliki hewan peliharaan yang ada di rumah, karena bisa membahayakan.

Tanaman catnip. Sumber Wikimedia
Tanaman catnip. Sumber Wikimedia

Memiliki aroma yang kuat tanaman catnip masih tergolong kedalam tanaman mint. Aromanya sangat mudah menyebar sehingga ditakuti oleh nyamuk. Anda bisa menambahkan tanaman tersebut guna mempercantik taman minimalis dalam rumah yang mana akan membuat rumah semakin asri.

Itulah beberapa tanaman indoor pengusir nyamuk yang bisa Anda pilih untuk mempercantik hunian yang Anda tempati sekaligus sebagai penghalau serangga, seperti nyamuk. Anda bisa melihat artikel menarik yang lainnya pada website bekasicreative.com.

Leave a Comment

Bekasi

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Order layanan

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Get in touch