Sejarah, Manfaat Hingga Tips Memilih Toilet Jongkok Modern

Desain, Review, Tips

Toilet adalah salah satu fasilitas penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Namun, seringkali kita mengabaikan pentingnya memilih jenis toilet yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kita. Salah satu pilihan yang sering diabaikan adalah toilet jongkok modern, yang masih banyak digunakan di berbagai negara. 

Salah satu manfaat utama dari toilet jongkok modern adalah bahwa posisi ini dianggap lebih sehat untuk sistem pencernaan manusia. Dengan menggunakan toilet jongkok, sebagian orang melaporkan mengalami lebih sedikit masalah sembelit dan pencernaan yang lebih lancar. Posisi jongkok juga dapat membantu mencegah tekanan pada usus besar.

Meskipun toilet jongkok modern memiliki manfaat, penting untuk diingat bahwa penggunaan toilet ini dapat memerlukan penyesuaian, terutama bagi mereka yang terbiasa dengan toilet duduk. Pilihan antara toilet jongkok modern atau duduk seringkali didasarkan pada keunggulan pilihan pribadi, kebiasaan budaya, dan kenyamanan individu.

Sejarah Toilet Jongkok

Toilet jongkok, juga dikenal sebagai “toilet duduk cina,” adalah jenis toilet yang umum digunakan di sebagian besar Asia dan sebagian Afrika. Toilet ini memiliki desain yang berbeda dari toilet duduk yang umumnya digunakan di negara-negara Barat. Toilet jongkok modern merupakan evolusi dari toilet tradisional yang digunakan di beberapa budaya selama berabad-abad.

Dalam toilet jongkok, pengguna harus membungkuk atau jongkok di atas lubang toilet untuk buang air besar atau kecil. Ini adalah cara alami buang air bagi manusia, dan banyak yang berpendapat bahwa toilet jongkok modern lebih sehat bagi sistem pencernaan kita. Namun, toilet jongkok modern seringkali dianggap kurang nyaman dan kurang higienis oleh banyak orang.

7 Manfaat Toilet Jongkok Modern

Sejarah, Manfaat Hingga Tips Memilih Toilet Jongkok Modern
Toilet jongkok modern. Sumber: Pinterest.com

Toilet jongkok modern memiliki sejumlah manfaat yang signifikan dibandingkan dengan toilet duduk konvensional, Itu kenapa toilet jongkok masih jamak kita temukan diberbagai hubian maupun fasilitas umum seperti Masjid dan Rest Area dengan tambahan variasi kubikel toilet. Berikut adalah tujuh manfaat utamanya:

1. Fungsi Usus yang Lebih Baik

Salah satu manfaat utama dari toilet jongkok modern adalah peningkatan fungsi usus. Dalam posisi jongkok, tubuh berada dalam sudut yang lebih alami, memungkinkan kolon untuk berkontraksi dengan lebih efisien saat buang air besar. Hal ini dapat membantu mencegah sembelit dan wasir. Dengan mengurangi ketegangan yang diberikan pada otot-otot perut, toilet jongkok modernmemungkinkan aliran tinja yang lebih lancar.

2. Mencegah Wasir

Toilet jongkok modern juga membantu mencegah wasir. Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di daerah anus dan rektum, yang dapat sangat menyakitkan. Penyebab umum wasir adalah tekanan berlebih pada pembuluh darah ini, yang terjadi saat Anda mengejan terlalu keras saat buang air besar. Posisi jongkok alami dalam toilet jongkok modern mengurangi kemungkinan mengejan berlebihan, sehingga mengurangi risiko terjadinya wasir.

3. Meningkatkan Kesehatan Pelvis

Toilet jongkok modern memungkinkan pengguna untuk menjaga sudut pelvis yang alami. Dalam posisi ini, panggul berada dalam sudut yang mendukung pelvis Anda dan menjaga struktur pelvis tetap sehat. Pada toilet duduk konvensional, panggul seringkali berada dalam posisi yang tidak alami, yang dapat mengganggu kesehatan pelvis. Pemeliharaan kesehatan pelvis dapat membantu mencegah masalah seperti nyeri panggul dan nyeri pinggul.

4. Kebersihan yang Lebih Baik

Toilet jongkok juga dapat lebih higienis karena kontak dengan permukaan toilet lebih sedikit. Saat Anda menggunakan toilet jongkok, tubuh Anda tidak bersentuhan langsung dengan permukaan toilet. Anda hanya perlu menahan kaki Anda di lantai toilet sambil jongkok, sementara tubuh bagian bawah Anda tetap jauh dari permukaan. Ini dapat mengurangi risiko kontaminasi dan penyebaran bakteri dari permukaan toilet ke tubuh Anda.

5. Mengurangi Risiko Infeksi Saluran Kemih

Toilet jongkok dapat membantu mengurangi risiko infeksi saluran kemih, terutama pada wanita. Saat buang air besar dalam posisi jongkok, uretra memiliki aliran yang lebih lancar dan tidak terhambat. Ini membantu menghindari retensi urin yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Pada wanita, ini juga dapat membantu mencegah penyakit peradangan panggul.

6. Aliran Urin yang Lebih Lancar

Pada pria, toilet jongkok juga dapat membantu mencegah masalah dengan aliran urin yang terhambat. Beberapa pria mungkin mengalami pembesaran prostat, yang dapat mempengaruhi aliran urin. Dalam posisi jongkok, uretra memiliki aliran yang lebih bebas, mengurangi kemungkinan retensi urin dan masalah prostat terkait.

7. Mencegah Sembelit

Dengan posisi tubuh yang mendukung aliran yang lebih lancar, toilet jongkok dapat membantu mencegah sembelit. Posisi jongkok mengurangi ketegangan pada otot perut dan memungkinkan aliran tinja yang lebih mudah.

7 Tips Saat Memilih Toilet Jongkok Modern

Sejarah, Manfaat Hingga Tips Memilih Toilet Jongkok Modern
Toilet jongkok modern. Sumber: Pinterest.com

Sebelum kita membahas 7 tips penting dalam memilih toilet jongkok, terutama karena berbagai manfaat kesehatan dan kenyamanan yang ditawarkannya. Ada baiknya memahami bahwa pemilihan toilet ini perlu dilakukan dengan hati-hati agar sesuai dengan kebutuhan. Berikut 7 tips yang dapat membantu Anda dalam proses ini:

1. Kebersihan Toilet Itu Sendiri

Kebersihan toilet jongkok itu sendiri adalah pertimbangan penting. toilet jongkok harus tetap bersih dan terawat dengan baik. Pastikan toilet jongkok yang Anda pilih memiliki sistem pembilas yang efisien dan mudah dibersihkan. Kebersihan toilet adalah aspek penting untuk menghindari penyebaran penyakit dan menjaga kenyamanan pengguna.

2. Kenyamanan Penggunaan

Kenyamanan saat menggunakan toilet jongkok adalah pertimbangan penting. Banyak orang yang terbiasa dengan toilet duduk konvensional mungkin merasa canggung saat pertama kali menggunakan toilet jongkok. toilet jongkok memerlukan posisi jongkok atau menekuk lutut, yang mungkin memerlukan sedikit waktu untuk beradaptasi.

3. Ketersediaan dan aksesibilitas 

Sejarah, Manfaat Hingga Tips Memilih Toilet Jongkok Modern
Toilet jongkok modern. Sumber: Pinterest.com

Ketersediaan dan aksesibilitas toilet jongkok dapat bervariasi tergantung pada wilayah geografis. Beberapa tempat mungkin memiliki toilet jongkok sebagai satu-satunya opsi, sementara yang lain mungkin memiliki kedua jenis toilet. Saat memilih, pertimbangkan tempat-tempat yang sering Anda kunjungi, seperti rumah, kantor, atau fasilitas umum. 

4. Kesehatan Pribadi

Pertimbangan utama saat memilih toilet jongkok adalah kesehatan pribadi. Posisi jongkok saat buang air besar dapat memiliki manfaat kesehatan, seperti mencegah sembelit dan wasir, meningkatkan fungsi usus, dan mendukung kesehatan pelvis. Namun, ini juga tergantung pada kondisi kesehatan individu. Orang dengan masalah kesehatan tertentu, seperti masalah lutut atau punggung, mungkin merasa tidak nyaman atau sulit menggunakan toilet jongkok.

5. Harga dan Kualitas

Harga dan kualitas toilet jongkok adalah pertimbangan penting. toilet jongkok tersedia dalam berbagai jenis dan kualitas. Pastikan Anda memilih toilet jongkok yang tahan lama dan mudah dibersihkan. Kualitas konstruksi dan bahan dapat mempengaruhi masa pakai toilet jongkok. Toilet jongkok merupakan pilihan yang layak untuk pertimbangan Anda. 

6. Pilihan Model Toilet Jongkok Modern

Ada berbagai model toilet jongkok yang tersedia, termasuk model yang tertanam di lantai dan yang memiliki dudukan atau pegangan. Pilihan model toilet jongkok yang tepat dapat mempengaruhi kenyamanan penggunaan. Anda mungkin perlu mencoba beberapa model berbeda untuk menemukan yang paling sesuai dengan Anda.

7. Penyediaan Fasilitas Tambahan

Untuk meningkatkan kenyamanan penggunaan toilet jongkok, pertimbangkan untuk menyediakan fasilitas tambahan seperti air, tisu toilet, dan tempat sampah. Ini akan membantu pengguna menjaga kebersihan dan kenyamanan mereka saat menggunakan toilet jongkok.

Dengan tips yang ada diatas semua faktor ini, Anda akan dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang apakah toilet jongkok modern adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Baik untuk rumah pribadi hingga untuk unit bisnis kos-kosan. Ingat bahwa preferensi dan kebutuhan individu bervariasi, dan yang terpenting adalah menjaga kenyamanan, kebersihan, dan aksesibilitas saat menggunakan toilet. 

Leave a Comment

Bekasi

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Order layanan

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Get in touch