Mau Mudah Rawat Tanaman? Miliki 6 Tanaman Air Merambat Ini

Ekosistem

Mungkin sebagian orang akan mengatakan tidak jika ditanya apakah ingin memiliki tanaman. Mengapa demikian? Karena yang terbayang dalam benak mereka pertama kali ialah ribet dan sulitnya merawat tanaman. Bibit, pupuk, pot, kerikil dan sederet perlengkapan berkebun harus siap sedia. Namun tahukah Anda, ternyata ada tanaman air merambat yang mudah dalam perawatannya. SImak selengkapnya hanya di artikel ini.

Tanaman Air Merambat yang Mudah Perawatannya

Bila Anda ingin rumah terasa senantiasa sejuk, segar dan terbangun suasana yang alami namun malas merawat tanaman, maka Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak tanaman air merambat yang indah dan cantik, cocok untuk hiasan alami rumah Anda, dan pastinya sangat mudah dalam perawatannya. Apa saja? Mari simak di bawah ini.

Pertama, Tanaman Sukulen Tasbih

Tanaman yang memiliki nama latin Senecio rowleyanus atau dalam bahasa inggris bermakna string of pearls ini memiliki bentuk mirip manik-manik dengan juntaian yang indah. Anda jangan cemas, karena tanaman jenis sukulen ini tidak memerlukan air yang banyak dalam merawatnya. Karena itulah tanaman ini sangat cocok sebagai hiasan dalam rumah yang alami.

Sukulen tasbih, tanaman air mudah perawatannya. Sumber: merdeka.com. Tanaman Air Merambat Ini
Sukulen tasbih, tanaman air mudah perawatannya. Sumber: merdeka.com

Perlu diperhatikan, sukulen tasbih ini memerlukan sinar matahari yang cukup di pagi hari, sehingga sangat dianjurkan untuk meletakkan tanaman ini di dalam pot yang tergantung di dinding. terkait dengan pot, untuk menambah kesan estetik Anda bisa menggunakan opsi pot tembaga karya pengrajin tembaga Boyolali.

Bagian tanaman ini yang menjuntai yaitu batang-batangnya, apabila telah mencapai panjang sekian senti maka akan menciptakan efek cantik seperti air terjun. Panjang batangnya sendiri pun bisa mencapai 90 cm, tentunya dengan perawatan dan sinar matahari yang cukup. Tanaman ini mampu memekarkan bunga bak terompet mungil dengan bau manis semanis kayu manis setiap musim panas.

Kedua, Tanaman Syngonium 

Berikutnya ada tanaman syngonium. Boleh dibilang tanaman ini ialah tanaman air merambat yang paling baik digunakan untuk menghiasi ruangan. Mengapa bisa begitu? Daunnya yang cukup besar sebesar kepalan tangan dewasa, lebat dan alaminya daun serta bentuknya yang unik seperti kepala panah menjadikan tanaman air merambat satu ini banyak diminati.

Syngonium, tanaman unik yang menyegarkan. Sumber: tokopedia.com. Tanaman Air Merambat Ini
Syngonium, tanaman unik yang menyegarkan. Sumber: tokopedia.com

Tanaman ini lebih fleksibel dibanding tanaman sebelumnya. Tidak harus ditempatkan di tempat dengan paparan sinar matahari, syngonium atau dalam bahasa inggris disebut arrowhead dapat juga ditempatkan di area yang teduh dan minim cahaya. Meski sebenarnya tetap kembali ke settingan awal sebagai tumbuhan, agar bisa hidup sehat perlu yang namanya sinar matahari pagi.

Apabila Anda ingin tanaman ini bisa merambat dengan baik, Anda bisa mewujudkannya dengan tidak memangkasnya dalam waktu sebentar. Tanaman ini memiliki prospek berkembang dan bertumbuh yang relatif baik. Setidaknya panjang tanaman ini bisa sampai 1,8 meter dengan cabang sekitar 60 cm hanya dengan beberapa tahun.

Ketiga, Tanaman Melati

Tanaman dalam kategori jenis perdu dengan spesies Jasminum polyanthum ini ialah sebuah tanaman air merambat yang unik, karena dapat ditanam di dalam ruangan. Dengan wangi harum yang khas membuat siapa saja yang menghirupnya langsung kelabakan jatuh cinta. Kombinasi bahan baku dan ide konsepnya baik dan cukup berharga.

Tanaman melati, cocok sebagai hiasan. Sumber: lazada.com. Tanaman Air Merambat Ini
Tanaman melati, cocok sebagai hiasan. Sumber: lazada.com

Anda bisa meletakkan tanaman jasmine ini ke dalam ruangan. Bisa juga Anda meletakkannya di dekat jendela yang mana sinar matahari dapat masuk ke ruangan. Sinar matahari dan udara sejuk di pagi hari merupakan dua hal yang dibutuhkan tanaman.Siapkan teralis kecil untuk menyangga tanaman agar dapat dijaga dan dirawat dengan baik.

Keempat, Tanaman Philodendron 

Belakangan ini sedang populer di kalangan pecinta alam yakni tanaman philodendron. Ciri-ciri dari tanaman ini ialah bagian daunnya yang memiliki bentuk unik, daunnya yang amat rimbun dan mampu menjalar. Tanaman satu bisa bisa dibilang raja adaptasi, karena mampu beradaptasi dengan baik di segala kondisi.

Philodendron, cocok disegala tempat. Sumber: medcom.id
Philodendron, cocok disegala tempat. Sumber: medcom.id

Apabila Anda punya tanaman philodendron dan sudah rimbun, maka Anda bisa membuat hiasan baru philodendron dengan cara yang simpel. Pertama siapkan tanaman philodendron yang sudah bersih, lalu carilah dahan yang paling menjalar dan potonglah, kemudian tinggal masukkan ke gelas kaca.

Kelima, Tanaman Bambu Rezeki

Berikutnya ada bambu rezeki. Jangan salah kaprah, memiliki tanaman ini bukan berarti banyak rezeki. Tanaman ini merupakan tanaman hias yang sangat mudah perawatannya. Tidak memerlukan banyak air, Anda cukup mempersiapkan air secukupnya saja. Anda tak perlu cemas karena bambu ini tidak akan bisa tumbuh tinggi sebagaimana bambu biasanya.

Bambu rezeki, unik dan istimewa. Sumber: dekoruma.com
Bambu rezeki, unik dan istimewa. Sumber: dekoruma.com

Memiliki akar yang tipis juga batang yang lentur menyebabkan bambu ini dapat hidup baik di air maupun secara hidroponik. Untuk perawatannya cukup simpel. Anda hanya perlu menjaga selalu agar tanaman ini dijemur seminggu sekali dan memastikan agar tidak kehabisan air dalam wadahnya. Dengan perawatan yang baik maka daun akan tumbuh dengan rimbun.

Keenam, Tanaman Sirih Gading

Ini salah satu tanaman air merambat yang juga populer. Nama ilmiah tanaman ini ialah Epipremnum aureum. Mempunyai daun berwarna hijau agak kekuning-kuningan membuat tanaman hias satu ini selalu memberikan nuansa segar alami di setiap ruangan. Ruang kantor, ruang, tamu hingga ruang keluarga sudah tentu cocok diletakkan sirih gading ini.

Sirih gading, menjadikan segar satu ruangan. Sumber: kompas.com
Sirih gading, menjadikan segar satu ruangan. Sumber: kompas.com

Bagi Anda yang kurang teliti dalam merawat tanaman, ini merupakan kabar gembira untuk Anda. Pasalnya sirih gading tidak memerlukan perawatan yang rumit dan kompleks. Anda cukup meletakkan sirih gading di tempat yang memiliki pencahayaan yang cukup, maka tanaman hias ini akan hidup makmur sejahtera. Namun jangan sekali-kali meletakkannya di bawah sinar matahari secara langsung, karena akan merusak struktur daunnya.

Itulah beberapa tanaman air merambat yang bisa menjadi pilihan Anda sebagai hiasan alami di rumah. Anda bisa juga membaca artikel kami kainnya seputar tumbuhan herbal juga indoor. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.

Leave a Comment

Bekasi

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Order layanan

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Get in touch