Fakta Pernis Kayu Yang Perlu Anda Ketahui

Tips

Pernis kayu merupakan cairan yang digunakan untuk finishing furniture-furniture berbahan kayu. Penggunaan pernis pada material kayu sendiri bertujuan untuk memberi perlindungan pada kayu sekaligus menambah nilai estetika, karena saat sudah tahap finishing, kayu akan berubah menjadi mengkilap dan lebih coklat.

Pernis memberikan perlindungan pada kayu dari efek panas, dingin, serangga, dan kotoran. Ia juga melindungi dari cairan kimia dan juga bahan rumah tangga seperti cuka, alkohol, deterjen, dan masih banyak lagi.

Mengapa pernis bisa melakukan perlindungan yang begitu menguntungkan pengguna material kayu? Karena pernis ini berbahan dasar solvent based yang terbuat dari kombinasi drying oil, resin, thinner, dan pelarut, dan juga water based yang berasal dari drying oil, thinner, dan air. Bahan-bahan ini memiliki sifat tahan air.

Banyak yang masih keliru antara pernis dan plitur. Keduanya memang untuk kayu, bedanya pernis untuk memberi perlindungan pada kayu agar lebih kuat dan tahan lama. Sedangkan plitur merupakan cat kayu untuk mewarnai atau mempercantik tampilan kayu.

Tips Sebelum Kayu akan Dipernis

Namun ada beberapa hal yang seharusnya diperhatikan saat hendak finishing material kayu dengan pernis.

1. Anda hendaknya memperhatikan jenis kayu

Hal ini mestinya menjadi hal yang terpenting, karena jika Anda tidak menyesuaikan jenis kayu dengan merk pernis khususnya untuk kayu, maka furniture buatan Anda akan flop dan tidak akan bertahan lama. Mengapa? karena kayu termasuk barang berserat. 

Anda harus membedakan kayu dengan tekstur halus seperti giam dan kulim, tekstur sedang seperti jati dan sonokeling, dan tekstur kasar seperti kempas dan meranti. Nah, setiap kayu ini punya kekhasannya sendiri, dan sebaiknya saat Anda mengaplikasikannya ke kayu, usahakan dengan jenis pernis yang sesuai pula.

2. Perhatikan pula Jenis Furniturenya

Mengapa furniturenya juga harus diperhatikan? Diketahui bahwa furniture terbagi menjadi dua, yaitu indoor dan outdoor. Keduanya membutuhkan bahan finishing dan perawatan yang berbeda. 

Furniture outdoor membutuhkan bahan finishing yang kuat, agar dapat tahan dari elemen-elemen seperti udara, air, dan lain-lain. Untuk furniture indoor tidak membutuhkan bahan finishing sekuat outdoor. Karena ia hanya diletakkan di dalam ruangan. 

Merk-merk Pernis Kayu Rekomendasi

Ini dia beberapa merk pernis berdasarkan rekomendasi di pasaran, beserta kelebihannya. 

1. Nippon Platone 8000

Produk Nippon Platone 8000 ini berasal dari Jepang. Perusahaan dari Jepang menciptakan pernis untuk kayu dengan kualitas sintetis yang tinggi, cepat kering, daya tahan lama, namun dengan harga yang terjangkau di pasaran.

Nippon Platone 8000
Merk pernis kayu Nippon Platone 8000, sumber : inkuiri.com

Selain itu, Nippon Platone 8000 ini pun memiliki tingkat kilap yang tinggi, anti jamur, dan bisa digunakan untuk material interior maupun eksterior, jadi Anda hanya perlu membeli satu produk yang sama untuk material yang berbeda jenisnya.

2. Belmont Natural Coat 

PT. Belmont Paint memiliki dua bahan finishing untuk kayu yaitu Belmont Natural Coat Wood Clear Gloss dan Belmont Natural Coat Wood Clear Doff. Keduanya memiliki kelebihan yang sama yaitu melindungi pelapukan kayu. 

Belmont Natural Coat Wood Clear Doff
Merk pernis kayu Belmont Natural Coat Wood Clear Doff, sumber : rumarumi.com

Berbahan dari full acrylic dan dapat diaplikasikan pada material eksterior maupun interior, bedanya hanya yang Wood Clear Gloss bersifat mengkilap, sedangkan yang Wood Clear Doff lebih bersifat matt.

3. Propan Ultran Lasur EL-501

Propan Ultran Lasur EL-501 ini sudah mendapat kepercayaan para desainer bangunan untuk mengerjakan proyek-proyek besar seperti resort, hotel, cafe, serta rumah. Produk dari perusahaan Propan ini memang dikenal dapat menghasilkan material atau bangunan yang akan eksotis di bawah sinar matahari maupun hujan.

Propan Ultran Lasur
Propan Ultran Lasur, sumber : tokopedia.com

Salah satu keunggulannya yaitu tahan terhadap sinar UV, jamur, ataupun lumut. Propan Ultran Lasur EL-501 juga sangat ahli dalam menetrasikan bahan hingga ke dalam pori-pori kayu. Bahan finishing ini lebih masuk kategori pernis eksterior, maka akan cocok dipakai pada rumah kayu, pagar kayu, kursi taman kayu, dan lain-lain.

Cara Mengecat Kayu dengan Pernis yang Benar

Semua tentang merk dan tips yang mestinya diperhatikan saat hendak mempernis kayu sudah Anda baca. Saatnya Anda tahu bagaimana cara menggunakan pernis dengan benar beserta tips-tipsnya. 

1. Sebelum Anda celupkan kuas, aduk dahulu pernisnya.

2. Oles ke permukaan media yang ingin di pernis. Usahakan untuk mengolesnya sesuai dengan garis serat kayu, demi hasil yang bagus. 

3. Tunggu permukaannya kering. Jika Anda ingin hasil yang memuaskan, biasanya membutuhkan waktu hingga 24-48 jam, dan untuk beberapa merk pernis lainnya membutuhkan waktu hingga berhari-hari.

Itulah sedikit referensi tentang pernis kayu, dari apa itu pernis, apa bedanya pernis dengan plitur, tips yang seharusnya Anda perhatikan sebelum mempernis suatu material, hingga cara mempernis material kayu dengan benar.

Jika Anda lebih tertarik lagi dengan jenis-jenis cat rekomendasi seperti cat anti bocor, cat untuk besi, cat untuk batu, dan masih banyak lagi, maka kunjungi website Kami di Bekasi Creative. Disini kami juga menyediakan jasa layanan custom furniture, dan lain-lain. Semoga membantu!

Leave a Comment

Bekasi

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Order layanan

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Get in touch