Rekomendasi 5 Jenis Kayu Pegangan Tangga

Ekosistem

Sebagian besar dari anda tentu sudah mengenal apa itu tangga dan fungsinya saat digunakan dalam di dalam rumah. Selain untuk memudahkan dalam mengakses ruangan lain yang berada di lantai atas juga dapat digunakan untuk mempercantik tampilan dan estetik furniture rumah. Adanya alat bantu tidak lepas dengan namanya kayu pegangan tangga yang mana fungsinya memberikan rasa aman dan dapat memudahkan kita untuk memapah tubuh saat digunakan.

Saat ini pegangan tangga memiliki berbagai jenis material dalam pembuatannya, salah satu yang paling umum dan sering digunakan adalah kayu. Adapun material tersebut seperti kayu pembuatan furniture yang memiliki syarat ketahanan yang terpenuhi yaitu berupa kekuatan dan tahan lamanya material.

Mengenal Apa Itu Pegangan Tangga

Secara umum pegangan tangan dibuat untuk memberikan keamanan serta dapat menopang berat badan entah disaat menaiki atau menuruni tangga. Alat bantu ini juga didesain dengan sangat kokoh karena beban gaya yang akan diterimanya pada saat digunakan sangatlah besar.

Untuk itu pemasangan alat ini tidak hanya sekedar ditempel dengan perekat melainkan menggunakan beberapa komponen pengunci seperti baut, ring, dan mur. Adapun beberapa alat pengunci ini juga membutuhkan bor agar dapat digunakan yang mana alat tersebut akan memberikan akses pengikat yang lebih kokoh.

Pegangan Tangga, Sumber: id.aliexpress.com
Pegangan Tangga, Sumber: id.aliexpress.com

Walaupun kayu merupakan material umum yang sering digunakan dalam pembuatan pegangan tangga. Akan tetapi sebenarnya banyak pilihan material yang dapat digunakan seperti besi, stainless steel, baja ringan, dan beberapa material lainnya. Sebelum mengenal beberapa jenis material yang digunakan sebagai pegangan tangga, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu fungsinya.

Fungsi Pegangan Tangga

Fungsi sebuah railing sebenarnya adalah sebagai alat pengaman dan juga sebagai penyangga saat seseorang akan naik dan turun dari sebuah tangga. Namun selain sebagai fungsi utama tersebut dengan sentuhan seni menciptakan beberapa model railing tangga sehingga bagian interior atau eksterior suatu properti semakin indah dipandang.

Fungsi tersebut sangat erat kaitannya dengan sebuah keamanan. Anda yang mempunyai anak tentu harus menggunakan sebuah railing untuk tangga anda. Saat ini sendiri railing tidak hanya berfungsi sebagai penahan. Juga pengaman ketika seseorang ada di tangga namun railing juga bagian dari dekorasi interior di rumah anda.

Material Pilihan Pegangan Tangga

Untuk membuat pegangan tangga, ternyata ada beberapa jenis material yang digunakan. Pemilihan material biasanya dipilih bukan hanya berdasar pada kekuatannya melainkan kesesuaiannya dengan lem dan furniture dalam rumah. Lalu material apa sajakah yang digunakan, berikut penjelasannya:

1. Logam

Material pertama yang banyak digunakan adalah jenis logam dengan keunggulan kekuatan serta kemudahannya dalam pembentukan. Beberapa jenis logam tersebut juga dibagi menjadi beberapa pilihan yaitu stainless steel, besi cor, baja ringan, besi hollow, dan beberapa pilihan lain.

Selain hal tersebut, penggunaan logam sebagai pegangan tangga banyak dipilih karena memiliki bobot yang ringan. Anti terhadap rayap, anti lapuk, serta tahan terhadap cuaca namun salah satu musuh terbesar nya adalah karat.

2. Kayu

Material selanjutnya adalah dari jenis kayu yang mana juga bahan ini sangat umum digunakan bahkan sebelum logam. Ada beberapa jenis kayu yang digunakan untuk menjaga ketahanan, kekuatan, dan keamanannya saat digunakan beberapa jenis kayu tersebut seperti kayu jati, kayu ulin, kayu jabon, dan masih banyak lagi.

Pegangan Tangga dari Bahan Kayu, Sumber: Lamudi.co.id
Pegangan Tangga dari Bahan Kayu, Sumber: Lamudi.co.id

Untuk meningkatkan ketahanan dari material ini, kebanyakan pekerja akan memberikan tambahan zat khusus untuk melapisinya seperti pernis kayu yang banyak digunakan. Pernis ini sangat ampuh untuk menjaga kualitas kayu dari berbagai masalah seperti serangan rayap, pelapukan, dan cuaca atau lumut.

3. Batu Alam

Terakhir material yang juga bisa digunakan adalah batu alam karena ketahanannya terhadap cuaca, rayap, dan pelapukan. Penggunaan material ini sebenarnya selain untuk memberikan keamanan saat menggunakan tangga juga dapat memberikan tampilan yang lebih elegan jika dibandingkan dengan material lain.

Akan tetapi walaupun sangat elegan dan mewah menggunakan material batu alam, salah satu yang membuatnya hanya digunakan oleh sebagian orang adalah bobotnya yang lebih berat, susah dalam pembentukannya, dan juga memiliki harga yang sangat tinggi dipasaran.

Jenis Kayu Pegangan Tangga

Jika kita fokus pada material jenis kayu sebagai bahan pembuatan pegangan tangga, ada beberapa pilihan kayu yang direkomendasikan dimana rekomendasi tersebut telah memenuhi syarat dalam hal kekuatan, ketahanan, dan cuaca. Untuk itu langsung saja berikut ini beberapa jenis kayu yang dapat anda gunakan

1. Kayu Jati

Jenis kayu pertama adalah jati yang mana untuk masalah kekuatan sudah teruji hingga menjadi favorit banyak kalangan. Selain kekuatannya saat digunakan sebagai pegangan tangga, tekstur kayu jati sangat unik dan itu membuatnya berbeda dari jenis kayu lainnya.

2. Kayu Merbau

Selanjutnya kayu yang banyak digunakan adalah kayu merbau dengan tingkat kekuatan dan ketahanannya bahkan dapat bersaing dengan kayu jati, yang membedakan hanyalah coraknya yang biasa saja atau tidak memiliki corak unik tertentu.

Kayu Merbau, Sumber: Pengadaan.web.id
Kayu Merbau, Sumber: Pengadaan.web.id

Selain itu juga kayu merbabu memiliki harga yang sangat terjangkau di pasaran dan hal ini akan sangat meningkatkan penjualannya.

3. Kayu Meranti Merah

Selanjutnya kayu meranti merah merupakan jenis kayu yang terkenal akan kekuatannya juga Selain tahan dan awet, keunggulan lain dari kayu ini adalah tidak mudah menyusut atau memuai ketika terjadi perubahan suhu. 

Jenis kayu ini akan sangat cocok jika digunakan untuk pembuatan pegangan tangga karena dengan karakteristik tersebut akan sangat memenuhi standar dari pegangan tangga.

4. Kayu Kelapa

selanjutnya kayu kelapa merupakan jenis material yang memiliki ketahanan seta tekstur yang tidak kalah dengan kayu kayu lainnya. Dengan syarat untuk jenis kayunya sendiri minimal harus berusia lebih dari 60 tahun karena akan memberikan kekuatan yang lebih juga akan sangat bagus untuk serat dan teksturnya.

5. Kayu Kamper

terakhir kayu kamper merupakan jenis material yang memiliki ciri khas tersendiri, yakni aromanya berbeda dibanding kayu lain. Selain kuat, kayu ini juga tidak disukai oleh serangga seperti rayap, tekstur halus, serat lebih ringan dibanding kayu jati. Harganya pun lebih terjangkau.

Nah, demikian beberapa penjelasan tentang material jenis kayu untuk pembuatan pegangan tangga, semoga informasi dari Bekasi Creative diatas akan memberikan tambahan wawasan kepada anda.

Leave a Comment

Bekasi

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Order layanan

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Get in touch