Mengenal 5 Jenis Kayu Furniture Yang Banyak Digunakan

Ekosistem

Kayu merupakan salah satu bahan dasar yang digunakan untuk membuat furniture. Selain memiliki kekuatan dan daya tahan yang baik, kayu furniture juga memiliki tampilan yang unik dan menarik sehingga bisa menambah suasana asik di rumah anda.

Pada saat ini sudah banyak dan sangat beragam jenis dan pilihan furniture yang digunakan untuk kebutuhan rumah mereka. Penasaran dan ingin mengenal lebih jauh seputar furniture nah, berikut ini furniture yang digunakan untuk kebutuhan rumah beserta fungsinya dan cara perawatan yang digunakan.

Mengenal Furniture

Furniture adalah barang atau semua perlengkapan yang dibutuhkan dalam rumah yang bisa dibuat dari berbagai material. Kata furniture berasal dari bahasa latin yaitu fournir, fournir sendiri memiliki arti furnish atau dalam bahasa Indonesia adalah perabot rumah.

Furniture Home, Sumber: unsplash.com/@jonathanborba
Furniture Home, Sumber: unsplash.com/@jonathanborba

Perkembangan furniture di Benua Asia berbeda dengan berbeda dengan negara di Benua Amerika dan Eropa. Asia mengembangkan gayanya tersendiri, walaupun terkadang dipengaruhi oleh ciri khas Benua Amerika dan Eropa.

Cara Perawatan Kayu Furniture

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk merawat furniture di rumah, berikut caranya:

1. Jauhkan Dari Tempat Terkena Paparan Sinar Matahari Langsung

Furniture kayu memiliki tingkat kelembaban cukup tinggi ketika diletakkan di area yang terkena matahari langsung, sehingga dapat membuat kelembaban tersebut menjadi menguap. Sehingga menyebabkan furniture menjadi retak dan pecah di beberapa bagian.

2. Hindari Dari Area yang Rawan Terkena Air

Jangan menaruh furniture dari bahan kayu di area rawan terkena cipratan air hujan, seperti di dekat jendela, ruangan dengan bocor, atau menempel di dinding karena sering rembes. Hal tersebut dapat  mempercepat kerusakan furniture kayu. 

Selain itu, dapat memicu laju pertumbuhan lumut dan jamur sehingga menyebabkan kayu menjadi cepat membusuk dan warna cat cepat memudar.  

3. Membersihkan Debu Secara Rutin

Untuk menjaga ketahanannya serta furniture tetap awet dalam waktu yang lama perlu untuk membersihkan furniture secara rutin menggunakan kain. Kain yang digunakan pun bertekstur lembut hal ini juga untuk menjaga warna perabot tetap aman.

Membersihkan Debu Secara Rutin, Sumber: Unsplash.com/@towfiqu999999
Membersihkan Debu Secara Rutin, Sumber: Unsplash.com/@towfiqu999999

4. Menggunakan Pernis Kayu

Menggunakan pernis kayu menjadi salah satu trik yang paling ampuh dalam merawat furniture kayu, khususnya ketika musim panas. Sebab dapat mencegah kerusakan parah pada furniture.

5. Selalu Gunakan Tikar dan Tatakan Gelas

Ketika ingin menyajikan makanan dan minuman diatas meja berbahan kayu sebaiknya harus diberi alas tikar atau taplak meja dan tatakan gelas atau lapisan piring, sebab bisa meninggalkan noda membandel yang sulit dihilangkan..

6. Mengaplikasikan Alas Di Kaki Kayu Furniture

Sebagian furniture, kayu memiliki beban cukup berat, sebab materialnya adalah kayu keras. Untuk menghindari agar lantai tidak cepat rusak karena kaki furniture maka gunakan alas pada permukaan bawah kaki furniture. Selain berguna melindungi lantai, hal ini juga bisa membuat furniture lebih awet.

7. Gunakan Cairan Anti Jamur dan Anti Rayap

Furniture kayu sangat rentan terhadap serangan jamur dan serangga seperti rayap. Untuk menghindari hal tersebut, pengaplikasian cairan atau obat anti rayap dan jamur yang ramah lingkungan merupakan pilihan yang tepat kamu aplikasikan pada furniture di rumah anda.

Jenis Kayu Furniture

Ada beberapa jenis kayu yang dapat digunakan untuk pembuatan furniture, berikut rekomendasi dari Bekasi Creative :

1. Kayu Furniture: Kayu Jati

Kayu jati lebih memiliki daya tahan yang sangat kokoh dibandingkan dengan kayu lainnya karena memiliki kandungan minyak alami dalam jumlah banyak. Kayu jati memang dikenal cukup lama sebagian bahan pembuatan furniture. Tetapi perlu diperhatikan jenis finishingnya.

Kayu Jati, Sumber: Unsplash.com/@kkalerry
Kayu Jati, Sumber: Unsplash.com/@kkalerry

Sebaiknya finishing yang digunakan adalah warna natural untuk menghindari kesan noda. Sebab warna natural akan memunculkan guratan serat alami nan cantik. Selain itu, munculnya serat bisa menjadi nilai tambah atau kepuasan tersendiri bagi pecinta mebel atau furniture.

2. Kayu Mahoni

Kayu mahoni memiliki serat lebih halus daripada kayu jati. Mempunyai pori-pori kecil sehingga produk furniture yang dihasilkan akan sangat halus. Selain itu, kayu mahoni berwarna agak kemerah-merahan pada bagian dalam dan bagian luar berwarna coklat tua.

Cocok buat anda yang ingin memadukan cat dinding rumah yang menggunakan perpaduan warna merah. Meskipun kayu mahoni tidak sebanding dengan kayu jati jika dibandingkan dengan kayu jati, harga kayu mahoni bisa lebih murah.

3. Kayu Furniture: Kayu Trembesi

Kayu trembesi merupakan salah satu pohon yang mampu hidup di alam yang minim air atau panas. Pertumbuhan kayu trembesi relatif lebih cepat jenis kayu untuk pembuatan furniture lainnya.  Kayu trembesi memiliki guratan serat bagus seperti kayu jati. Seratnya menonjol dan teratur sehingga memunculkan kesan elegan yang ditimbulkan sehingga cocok juga digunakan untuk kayu pegangan tangga.

4. Kayu Sungkai

Kayu sungkai adalah jenis kayu yang sering digunakan sebagai furniture seperti meja, kursi, jendela, pintu, lemari sampai rangka atap. Secara umum, kayu sungkai memiliki warna yang terang. Di bagian gubal (pinggir kayu) berwarna lebih muda. Mempunyai permukaan yang terkesan kesat, tidak bisa sehalus kayu jati atau mahoni.

5. Kayu Furniture: Kayu Mindi

Kayu mindi juga sebagai kayu alternatif sebagai bahan baku pembuatan furniture. Kayu ini mempunyai karakter cukup keras, meskipun tidak sekuat kayu jati ataupun mahoni. Karena inilah, kayu mindi rentan pecah. Jadi penggunaannya harus dipastikan kondisi kayu memang benar-benar kering.

Guratan serat yang dimiliki kayu mindi termasuk kategori bagus. Permintaan veneer kayu mindi juga banyak. Kalau dari segi harga, kurang lebih hampir sama dengan kayu mahoni.

Kelebihan Jenis Kayu Furniture

Sebelum memilih jenis kayu, alangkah baiknya anda mengetahui kelebihan-kelebihan dari masing-masing jenis kayu.

1. Kelebihan Kayu Jati

  • Lebih awet.
  • Memiliki guratan serat bagus dan menonjol.
  • Memiliki ketahanan yang baik.

2. Kelebihan Kayu Mahoni

Kayu Mahoni, Sumber: Google
Kayu Mahoni, Sumber: Google
  • Harga relatif lebih murah dibanding kayu jati.
  • Karakter kayu lebih ringan.
  • Cocok digunakan menggunakan finishing warna solid.

3. Kelebihan Kayu Trembesi

  • Serat kayu hampir mirip dengan kayu jati, sangat bagus.
  • Bisa digunakan sebagai produk mebel satuan berukuran besar.
  • Cocok digunakan untuk patung besar.

4. Kelebihan Kayu Sungkai

  • Serat kayu yang bagus dan cukup menonjol, cocok digunakan untuk mebel jenis minimalis.
  • Harga lebih murah dari kayu jati dan mahoni.
  • Cocok menggunakan finishing warna natural.

5. Kelebihan Kayu Mindi

  • Mempunyai serat kayu bagus.
  • Cocok untuk produk mebel minimalis dengan warna natural.

Demikian artikel kami tentang jenis kayu untuk pembuatan furniture hingga furniture custom yang bisa digunakan, semoga dapat menambah wawasan Anda.

Leave a Comment

Bekasi

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Order layanan

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Get in touch