9 Pilar Bisnis Plan Model Canvas, Pelaku UMKM Wajib Tahu! 

Bisnis, Desain, Ekosistem, Review, Tips

Apakah Anda sedang merintis startup? Dalam rangka berinovasi pada produk atau layanan di fase awal pendiriannya pastilah membutuhkan strategi dalam pengembangannya. Untuk mengukuhkan model bisnis yang Anda punya, Anda dapat mengadopsi strategi bisnis plan model canvas. 

Kenapa harus bisnis plan model canvas? Yap, bisnis model canvas sendiri merupakan alat manajemen strategis yang dapat menggambarkan dan mengkomunikasikan ide serta konsep bisnis dengan tepat. 

Nah pada artikel kali ini kami akan memaparkan serba serbi mengenai bisnis plan model canvas secara lengkap untuk membangun pemahaman Anda mengenai strategi rencana bisnis yang satu ini. Simak terus jangan sampai terlewat ya, sob! 

Sejarah Bisnis Plan Model Canvas

Pada tahun 2005 seorang entrepreneur asal Swiss yaitu Alexander Osterwalder menciptakan sebuah kerangka manajemen yang digunakan untuk merancang strategi bisnis yang pada aplikasinya dibuat dalam framework sederhana yaitu dengan 9 pilar model bisnis.

Dalam perjalanannya strategi ide bisnis ini sudah diterapkan oleh beberapa perusahaan besar seperti Honda, Amazon, dan Honda. Terlihat bukan seberapa pesat perkembangan perusahaan tersebut? Nah, itulah output dari strategi bisnis yang dijalankan secara matang. 

Lalu, apa saja elemen yang ada di dalam 9 pilar BMC?Tenang, itu akan kami informasikan secara terperinci melalui ulasan di bawah ini. 

9 Pilar Utama Bisnis Plan Model Canvas

Untuk menjalankan strategi bisnis dengan tepat maka Anda perlu mengenali 9 pilar utama dalam BMC. Dengan begitu Anda akan melihat gambaran mengenai bisnis yang akan Anda lakoni dengan tepat dan realisasinya pun akan lebih cepat.  

1. Customer Segments

9 Pilar Bisnis Plan Model Canvas, Pelaku UMKM Wajib Tahu! 
Customer segment, tentukan jenis pembeli yang sesuai dengan produk Anda. Sumber : Istockphoto.com

Pilar yang pertama adalah customer segments atau segmen pelanggan. Pada bagian ini Anda perlu dengan teliti menentukan target produk atau jasa yang Anda sediakan. Apakah ada pasar yang terbuka dan seperti apa demografinya. Dari penjual cilok keliling hingga dokter gigi Semarang yang hendak membuka klinik praktik patut memperhatikan pilar pertama ini, customer segment.

Yang harus Anda perhatikan adalah mengenai siapa yang akan membeli produk Anda? Berapa umur target produk Anda? Apa gendernya? Apa pekerjaannya? Berapa penghasilannya per bulan? Apa saja fasilitas yang dimilikinya? Apa makanan kesukaannya? Nah kira-kira itulah hal yang perlu diperhatikan pada pilar 1. 

2. Customer Relationships

Customer relationship atau hubungan pelanggan adalah bisnis plan model canvas yang menyoroti bagian koneksi antara penjual dengan pelanggan. Hal ini mulai dari sebelum pelanggan menggunakan produk Anda hingga setelah menggunakan produk atau jasa Anda. 

Untuk menjalin customer relationship ini Anda perlu memikirkan sebuah pola komunikasi. Bagaimana cara Anda untuk selalu terhubung dengan customer? Bagaimana cara Anda mengetahui tingkat kepuasan pelanggan setelah menggunakan produk/ jasa tersebut? 

3. Channels

Selanjutnya setelah Anda mengetahui sasaran konsumen serta kebiasaan maka yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai distribusi produk. Sebab tidak mungkin produk/ jasa yang Anda produksi tidak akan Anda pasarkan. 

9 Pilar Bisnis Plan Model Canvas, Pelaku UMKM Wajib Tahu! 
Buat channel untuk distribusi produk kepada pasar. Sumber : Istockphoto.com

Untuk itu carilah cara bagaimana pelanggan dapat mengetahui produk yang coba Anda tawarkan? Bagaimana cara agar produk tersebut terdistribusi ke tangan-tangan customer? Apakah strategi tersebut efektif? 

4. Value Propositions

Banyaknya produksi barang di industri dunia saat ini pastilah menimbulkan berbagai persaingan antar kompetitor. Oleh karena itu, dengan value propositions Anda perlu menciptakan value pada produk dan jasa yang Anda miliki. 

Mengapa orang harus mengkonsumsi produk/ jasa Anda? Apa keunggulannya dibandingkan bisnis kompetitor lain? Apa nilai yang paling menonjol dari model bisnis Anda? Jika Anda mampu mampu memberikan value terbaik dengan jala inovasi maka kami yakin bisnis Anda bisa tumbuh. 

5. Key Activities

Setelah menentukan nilai dari produk/ jasa Anda maka saatnya praktek untuk terjun langsung ke khalayak umum. Selain itu proses ini pun turut menjadi perkembangan yang perlu diperhatikan. 

9 Pilar Bisnis Plan Model Canvas, Pelaku UMKM Wajib Tahu! 
Ilustrasi key activities. Sumber : Istockphoto.com

Apa kegiatan yang dapat mendukung ciptanya value proposition? Apa strategi yang Anda lakukan untuk mencapai target yang sudah dibentuk? 

6. Key Resources

Strategi BMC pada pilar ke 6 ini berbicara mengenai SDA maupun SDM yang perlu ada pada perusahaan Anda. Sebab keberadaan resource ini pun akan berkesinambungan dengan cost structure dan hal lain juga. 

Anda perlu menyaring keburuhan ini sesuai dengan kondisi perusahan Anda. apa sumber daya yang harus perusahan Anda miliki? Apa saja kebutuhan yang perlu diadakan untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda?  

7. Key Partners

 Dalam menjalankan bisnis mulai dari produksi hingga distribusi maka tidak mungkin jika Anda hanya berdiri sendiri tanpa membutuhkan bantuan dari pihak eksternal. Oleh karena itu, ibarat menguasai medan dari hulu hingga hilir Anda perlu menggandeng rekan-rekan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Siapa yang dapat menjalankan kebutuhan diluar pelaku key activities? Siapa yang mampu menarik supplier / vendor yang paling menentukan kesuksesan bisnis Anda? Siapa pihak yang paling tepat untuk mengisi kebutuhan perusahan Anda? 

8. Revenue Streams

9 Pilar Bisnis Plan Model Canvas, Pelaku UMKM Wajib Tahu! 
Buka keran bisnis baru (new revenue stream). Sumber : Istockphoto.com

Jika Anda pernah mendengar istilah “create money” maka itulah pilar bisnis model canvas nomor 8 ini. Anda perlu memperhatikan dari bisnis yang Anda punya kira-kira hal apa yang dapat dilakukan untuk menciptakan peluang lain. 

Bagaimana cara lain bisnis Anda menghasilkan uang? Produk/ jasa apa saja yang dapat dikembangkan dari produk/ jasa utama?  

9. Cost Structure

Tahap terakhir dalam menyusun strategi bisnis perusahaan adalah menentukan cost structure. Anda perlu meneliti komponen biaya pada setiap pilar seperti key activities, key resources, dan channel agar semakin efektif jalannya. 

Sebagai contoh yaitu perlunya menentukan pengeluaran untuk menjalankan model bisnis ini. Nah itulah kira-kira pertanyaan mendasar yang perlu Anda jawab untuk pilar ke 9 ini.

Begitulah kira-kira penjabaran dari visualisasi 9 pilar bisnis plan model canvas. Jadi bagaimana sudah terbayang strategi jitu seperti apa untuk perusahaan startup Anda? Pastikan Anda menyususnnya dengan konsultan profesional agar rencana lebih tergambar. Simak ulasan menarik lainnya. Sekian terima kasih. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Bekasi

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Order layanan

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Get in touch