Begini Cara Membuat Bonsai Beringin Plus Tips Perawatannya

Tips

Memiliki kemampuan cara membuat bonsai beringin merupakan keinginan bagi siapa saja yang memiliki minat dalam dunia bonsai. Mengingat banyaknya keuntungan apabila cara tersebut berhasil diterapkan dan terciptak bonsai beringin yang indah menawan tentunya.

Bonsai beringin adalah salah satu jenis bonsai yang sangat populer di Indonesia. Pohon Beringin, dengan akar kuat dan cabang yang indah, sangat cocok untuk dijadikan bonsai. Cara membuat bonsai beringin merupakan seni merawat pohon beringin kecil yang ditata sedemikian rupa sehingga terlihat seperti pohon besar dalam bentuk yang proporsional.

Seni bonsai berasal dari Jepang dan telah menjadi tren di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Bonsai beringin menawarkan keindahan alam dalam bentuk yang miniatur, sehingga sangat cocok untuk ditempatkan di dalam interior rumah atau taman kecil.

Memilih Pohon Beringin yang Cocok

Langkah pertama dalam cara membuat bonsai beringin adalah memilih pohon beringin yang cocok untuk dijadikan bonsai. Pilihlah pohon beringin yang memiliki karakteristik berikut:

  • Batang/ kayu yang kuat dan sehat
  • Akar yang terlihat proporsional dengan batang
  • Cabang dan ranting yang mudah dibentuk
  • Daun yang kecil dan berbentuk indah

Pastikan pohon beringin yang Anda pilih memiliki bentuk dan struktur yang memungkinkan untuk membentuk bonsai yang indah. Pada proses awal ini sangat penting karena akan menjadi kunci apakah hasil bonsai tersebut akan indah atau tidak.

Persiapan dan Perawatan Awal

Setelah memilih dan menemukan pohon beringin yang cocok, langkah berikutnya adalah melakukan persiapan dan perawatan awal. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Potong AkarĀ 

Potong akar pohon beringin dengan hati-hati untuk mengatur ukuran akar agar sesuai dengan pot bonsai yang akan digunakan.

Memotong akar bonsai agar sesuai dengan ukuran pot
Memotong akar bonsai agar sesuai dengan ukuran pot. Sumber

2. Semaikan

Sebelum dipindahkan kedalam pot, terlebih dahulu semaikan pohon di media yang lega, dengan kandungan air dan tanah subur yang cukup. Ketika sudah mulai tumbuh dan hidup, bisa kemudian dipindahkan kedalam pot khusus.

3. Pindahkan ke Pot Bonsai

Tanam pohon beringin dalam pot bonsai yang telah dipersiapkan dengan menggunakan campuran tanah bonsai yang cocok.

4. Pemangkasan Batang dan Cabang

Potong bagian atas batang dan cabang yang tidak diinginkan, sesuai dengan bentuk bonsai yang Anda inginkan.

5. Perawatan Air dan Cahaya

Pastikan bonsai beringin mendapatkan jumlah air dan cahaya yang cukup. Jaga kelembaban tanah dengan menyiramnya secara teratur dan letakkan bonsai di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Perawatan Rutin Bonsai Beringin

Untuk menjaga keindahan bonsai beringin, perawatan rutin sangat penting. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan rutin bonsai beringin adalah:

1. Kebutuhan Air

Bonsai beringin membutuhkan penyiraman yang tepat. Jaga agar tanah bonsai tetap lembab, tapi hindari overwatering yang dapat menyebabkan akar membusuk. Periksa kelembaban tanah dengan menyentuh permukaannya dan air jika diperlukan.

Menyiram dan menjaga agar tanah bonsai tetap lembab
Menyiram dan menjaga agar tanah bonsai tetap lembab. Sumber Bonsaitree

2. Kebutuhan Cahaya

Kemudian dalam proses cara membuat bonsai beringin selanjutnya membutuhkan sinar matahari yang cukup. Tempatkan bonsai di tempat yang mendapatkan sinar matahari langsung beberapa jam setiap hari. Jika Anda menempatkannya di dalam ruangan, pastikan ada cukup cahaya alami atau gunakan lampu khusus bonsai.

3. Pemupukan

Berikan pupuk bonsai secara teratur untuk memastikan nutrisi yang cukup bagi bonsai beringin. Gunakan pupuk dengan kandungan nitrogen, fosfor, dan kalium yang seimbang sesuai dengan instruksi pada kemasan pupuk.

4. Pembersihan dan Perlindungan dari Hama

Bersihkan daun bonsai beringin secara teratur untuk menghilangkan debu dan kotoran. Periksa bonsai secara berkala untuk mengenali tanda-tanda serangan hama atau penyakit. Jika terdeteksi, lakukan langkah-langkah perlindungan yang sesuai.

Pemangkasan dan Pembentukan Bonsai

Pemangkasan adalah salah satu teknik penting dalam cara membuat bonsai beringin. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemangkasan bonsai beringin:

1. Pemangkasan Tunas

Pemangkasan tunas dilakukan untuk mengatur pertumbuhan cabang dan memperbaiki bentuk bonsai. Potong tunas yang tumbuh terlalu panjang atau tidak diinginkan.

Pemangkasan tunas bonsai untuk mengatur pertumbuhan cabang dan memperbaiki bentuk
Pemangkasan tunas bonsai untuk mengatur pertumbuhan cabang dan memperbaiki bentuk. Sumber Bonsaiempire

2. Pembentukan Cabang

Pilih cabang yang baik untuk membentuk struktur bonsai yang indah. Potong cabang yang tumbuh terlalu rapat atau saling bersilangan.

3. Pembentukan Ranting dan Daun

Pemangkasan ranting dan daun dilakukan untuk memperbaiki proporsi dan mempertahankan ukuran yang kecil. Pemangkasan dilakukan secara bertahap untuk membentuk bonsai beringin yang ideal. Proses ini membutuhkan kesabaran dan keterampilan dalam proses cara membuat bonsai beringin, namun hasilnya akan sangat memuaskan.

Perawatan Musim Panas dan Musim Hujan

Musim panas dan musim hujan dapat mempengaruhi kondisi bonsai beringin. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat bonsai beringin selama musim panas hujan dan musim dingin:

1. Perawatan di Musim Panas

  • Cek kelembaban tanah secara teratur dan pastikan bonsai tetap terhidrasi dengan baik.
  • Lindungi bonsai dari sinar matahari langsung yang terlalu panas dengan memberikan naungan yang cukup. 
  • Siram bonsai pada pagi hari atau sore hari untuk menghindari penguapan air yang terlalu cepat.

2. Perawatan di Musim Hujan

  • Pastikan bonsai tidak tergenang air yang berlebihan. Tempatkan bonsai di tempat yang terlindung dari hujan deras.
  • Jaga kelembaban tanah agar tidak terlalu basah. Jika perlu, angkat bonsai ke tempat yang lebih kering saat hujan terlalu intens.

3. Perawatan di Musim Dingin

  • Lakukan pemangkasan ringan pada bonsai sebelum musim dingin tiba. Hal ini akan membantu bonsai beradaptasi dengan kondisi musim dingin.
  • Bungkus akar bonsai dengan lapisan perlindungan, seperti serat kokos atau kain khusus bonsai, untuk menjaga suhu agar tetap stabil.
  • Letakkan bonsai di tempat yang terlindung dari angin kencang dan suhu ekstrim untuk proses cara membuat bonsai beringin yang maksimal.

Menikmati Kecantikan Bonsai Beringin

Setelah melalui proses perawatan dan pembentukan yang panjang dalam cara membuat bonsai beringin saatnya untuk menikmati keindahannya. Pastikan bonsai tersebut memiliki pot yang berkualitas baik dan memiliki tampilan yang menarik juga, baik secara ukuran maupun kesesuaian warna. 

Ilustrasi kecantikan dari bonsai beringin
Ilustrasi kecantikan dari bonsai beringin. Sumber Google

Kemudian Anda juga bisa menambahkan dekorasi sederhana dalam pot maupun sekeliling taman dimana bungai tersebut ditempatkan. Terakhir, selain untuk dinikmati sebagai karya seni, Anda juga perlu mengikuti komunitas dan aneka pameran bonsai di daerah Anda.

Hal ini penting selain menambah relasi dan referensi Anda dalam berseni bonsai, besar kemungkinan kalau bonsai Anda menarik bisa memenangkan lomba. Sehingga bisa laku dengan harga yang fantastis.

Membuat dan merawat bonsai beringin adalah sebuah seni yang membutuhkan kesabaran, dedikasi, dan keahlian. Bukan termasuk hobi musiman, komunitasnya pun bahkan semakin banyak kita temukan di berbagai wilayah Indonesia. 

Bagi Anda yang memiliki minat dalam bidang tersebut, langkah utamanya adalah memiliki relasi, dan gigih tentunya. Karena prosesnya yang panjang untuk mencapai kesuksesan, yuk ikuti terus artikel dari kami untuk mendapatkan artikel menarik dan bermanfaat lainnya. 

Leave a Comment

Bekasi

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Order layanan

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Get in touch