Mengenal Piramida Brand Awareness Dan Strateginya 

Bisnis, Review, Tips

Piramida brand awareness merupakan salah satu istilah yang cukup populer ketikan Anda ingin membangun brand. Brand awareness sendiri merupakan salah satu istilah tujuan akhir pembangunan brand yaitu kesadaran merek.

Ketika klien atau customer sudah memiliki kesadaran merek dari produk atau jasa Anda, maka omset atau profit akan lebih terjamin. Oleh sebab itulah sebelum mencapai pada tingkatan tersebut ada beberapa tahapan yang perlu Anda kenali, yang biasa disebut dengan piramida brand awareness  

4 Tingkatan Piramida Brand Awareness 

Piramida brand awareness adalah salah satu model penting dalam dunia pemasaran. Tingkatan ini digunakan untuk menggambarkan tahapan-tahapan yang harus dilalui sebuah merek untuk mencapai tingkat kesadaran yang lebih tinggi di antara konsumen. 

Model ini terdiri dari lima tingkat, mulai dari tahap ketidaktahuan (unawareness) hingga loyalitas atau menjadi top of mind. Setiap tahapan memiliki karakteristik dan strategi pemasaran yang berbeda, sehingga para pelaku marketing perlu memahami secara mendalam tentang piramida brand awareness ini untuk mencapai keberhasilan dalam membangun merek.

1. Unawareness

Tingkat pertama dari piramida brand awareness adalah ketidaktahuan (unawareness) atau populer dengan istilah unware of brand. Pada tingkat ini, konsumen belum pernah mendengar atau mengetahui tentang merek tersebut sama sekali. 

Mengenal Piramida Brand Awareness Dan Strateginya 
Piramida brand awareness punya banyak istilah, namun artinya tetap sama. Sumber : Istockphoto.com

Ini adalah tahap awal dari siklus hidup merek, di mana merek baru memasuki pasar atau merek yang sudah ada tetapi belum cukup terkenal di antara konsumen. Tujuan utama dari tahap ini adalah membangun kesadaran merek atau brand awareness.

Salah satu strategi yang dapat dilakukan pada tahap ini adalah dengan melakukan kampanye promosi yang agresif dan efektif, seperti iklan di televisi, radio, koran, atau media sosial. Marketer juga bisa mengadakan event promosi, seperti sampling produk atau melakukan kerjasama dengan influencer untuk mempromosikan merek kepada audiens yang lebih luas.

Penting bagi merek untuk membuat pesan atau slogan yang menarik dan mudah diingat oleh konsumen. Sehingga konsumen dapat mengingat nama merek dan mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Awareness

Tingkat kedua dari piramida brand awareness adalah kesadaran (awareness) atau dikenal dengan istilah brand recognition. Pada tahap ini, konsumen mulai mengenal nama merek dan sedikit informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan. 

Konsumen mungkin mengenali merek melalui iklan atau rekomendasi dari teman atau keluarga (aided recall). Pada tahap ini, strategi pemasaran yang dapat dilakukan adalah meningkatkan visibilitas merek.

Sebagai contoh adalah dengan membuat logo yang menarik dan mudah diingat, menampilkan iklan di media massa yang relevan dengan target konsumen. Kemudian bisa juga dengan melakukan kegiatan promosi yang fokus pada brand awareness. Dengan memanfaatkan pasar yang sudah ada, rasanya mengarahkan atensi mereka kepada produk Anda tidak akan susah.

Ini sama kasusnya dengan bisnis sewa mobil Padang. Target konsumen sudah jelas, yakni warga Padang dan sekitarnya yang membutuhkan transportasi untuk keperluan wisata, silaturahmi, atau keperluan pribadi lainnya. Di samping juga rental transportasi umum di Padang tidak begitu banyak pesaingnya. Maka awareness seharusnya dapat berjalan dengan lancar. Tinggal konsistensinya saja.

Contohnya, Starbucks membuat logo mermaid green yang sangat mudah diingat, sehingga konsumen dapat mengenali merek tersebut hanya dengan melihat logo. Anda bisa meminta bantuan brand desainer untuk menciptakan logo membantu brand Anda.

3. Consideration

Tingkat ketiga dari piramida brand awareness adalah pertimbangan (consideration) atau secara umum sering dikenal dengan istilah brand recall. Pada tahap ini, konsumen telah memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang merek brand tersebut.

Mengenal Piramida Brand Awareness Dan Strateginya 
Brand recall menarik audiens untuk menaruh perhatian mereka kepada Anda lagi. Sumber : Istockphoto.com

baik itu berupa produk atau jasa yang ditawarkan mulai mempertimbangkan untuk membeli atau menggunakan produk tersebut tanpa bantuan (unaided recall). Konsumen mungkin melakukan penelitian tentang produk atau jasa yang ditawarkan oleh merek.

Yaitu dengan cara melihat review dari pengguna produk, dan membandingkan merek dengan merek sejenis lainnya.Kemudian strategi pemasaran yang dapat dilakukan pada tahap ini adalah dengan meningkatkan kualitas produk atau jasa Anda.

Kemudian dengan menyediakan informasi yang lebih detail tentang produk atau jasa, serta memberikan penawaran yang yang menarik. Marketer juga bisa melakukan kampanye pemasaran yang lebih spesifik dengan fokus pada manfaat produk atau jasa, atau menargetkan konsumen dengan strategi pemasaran yang lebih personal, seperti email marketing atau pemasaran melalui media sosial.

4. Loyalty

Tingkat tertinggi dari piramida brand awareness adalah loyalitas atau populer dengan istilah Top Of Mind . Pada tahap ini, konsumen sudah menjadi penggemar atau pelanggan setia merek tersebut. 

Ketika orang bertanya atau menyebut tentang kategori produk tertentu, maka merek Anda yang akan muncul pertama kali di setiap kepala klien atau konsumen. Mereka akan selalu memilih merek tersebut sebagai pilihan pertama mereka dan akan merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain.

Adapun strategi pemasaran yang dapat dilakukan pada tahap ini adalah dengan memperkuat hubungan dengan konsumen. Seperti contoh memberikan program loyalitas, mengadakan event khusus bagi pelanggan setia, atau menyediakan produk atau jasa baru yang khusus ditujukan untuk pelanggan setia. 

Mengenal Piramida Brand Awareness Dan Strateginya 
Loyalty atau top of mind, adalah level tertinggi dari piramida brand awareness. Sumber : Istockphoto.com

Bagian marketing juga bisa meningkatkan interaksi dengan pelanggan melalui media sosial atau email marketing, sehingga pelanggan merasa dihargai dan merasa bagian penting dari merek tersebut.

Piramida brand awareness adalah model yang penting dalam dunia pemasaran untuk memahami tahapan-tahapan yang harus dilalui sebuah merek untuk mencapai tingkat kesadaran yang lebih tinggi di antara konsumen. 

Tahap-tahap yang harus dilalui adalah ketidaktahuan, kesadaran, pertimbangan, hingga loyalitas. Setiap tahap memiliki strategi pemasaran yang berbeda, sehingga para marketer perlu memahami karakteristik dari setiap tahap. Tentunya untuk mencapai keberhasilan dalam membangun merek. 

Dengan memahami piramida brand awareness ini, para marketer dapat mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek dan membangun loyalitas konsumen terhadap merek tersebut. Ikuti terus artikel kami yang lain untuk mendapatkan insight bisnis menarik dan bermanfaat tentunya. 

Leave a Comment

Bekasi

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Order layanan

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Get in touch