Tips Merintis Bisnis Properti dan Jasa Konstruksi

Bisnis

Bisnis properti dan konstruksi adalah usaha yang sangat menjanjikan dan menarik keinginan. Tapi perlu di ingat, bisnis properti dan konstruksi ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Selain keuntungan dari bisnis properti dan konstruksi ini yang cukup besar. Serta biaya modalnya yang boleh dibilang cukup besar juga. Perlu diketahui, bahwa kebutuhan infrastruktur di tengah masyarakat semakin hari semakin meningkat.

Dengan hal itulah peluang usaha yang satu ini banyak menarik perhatian para pengusaha. Dan ketika Anda menjadi kontraktor, Anda bisa memberikan lapangan pekerjaan untuk banyak orang.

Oleh karena itu, untuk memulai bisnis properti dan konstruksi ini. Anda memerlukan perencanaan yang matang dan perhitungan yang tepat. Agar mampu melahirkan langkah – langkah yang jelas dan visi – misi perusahaan yang terarah.

Mengingat usaha properti dan konstruksi ini memiliki risiko yang lebih tinggi ketimbang usaha yang lainnya. Maka Anda harus benar – benar mempersiapkannya dengan penuh pertimbangan yang matang. Berikut tips merintis usaha properti dan konstruksi, tentu jangan lupa juga dengan dekorasi kamar anak Anda.

https://jogjatGambar dari istockphotookoaki.com/bisnis-otomotif
Gambar dari istockphoto

2 Langkah Pertama Merintis Bisnis Properti dan Konstruksi

Sebagaimana yang sudah dituliskan di awal, bahwa memulai bisnis ini membutuhkan persiapan yang luar biasa. Membuat perencanaan jangka pendek dan jangka panjang untuk perusahaan. Menciptakan visi – misi yang jelas dan terarah demi keberlangsungan perusahaan Anda.

Sehingga Anda mampu meraih cita – cita perusahaan di masa depan. Tentu sebagai seorang pebisnis ataupun pengusaha. Sifat yang harus dimiliki adalah tidak takut gagal dan berani mengambil risiko.

Maka hal itu Anda perlu persiapkan jauh – jauh hari sebelum memutuskan untuk memilih bisnis properti ini. Dan untuk Anda yang mau memulai bisnis ini, ada 2 langkah awal yang perlu diperhatikan.

1. Membentuk Mental Seorang Pebisnis Properti dan Konstruksi

Disamping biaya yang cukup besar untuk memulai bisnis properti dan konstruksi ini. Anda juga sangat memerlukan mental yang besar. Sebab mental ini akan mempengaruhi keputusan – keputusan Anda dalam perusahaan.

Seorang pengusaha yang sudah memiliki mental yang bagus, ia akan lebih berani dalam mengambil risiko. Dan tidak ragu – ragu untuk memberikan keputusan demi kebaikan bisnisnya yang sedang dijalankan. Tentu semua itu ia lakukan sudah melakukan perhitungan secara teliti.

Disamping itu ia juga tidak terlalu takut dengan kerugian , bahkan tidak takut sama sekali. Karena ia tahu betul, bahwa bisnis ini akan mengalami untung dan rugi. Oleh sebab itulah, langkah pertama yang cukup sulit untuk menjadi seorang pengusaha adalah membentuk mental.

Dan untuk meringankan perencanaan Anda ke depan, tidak ada salahnya mulai saat ini Anda juga sudah mempersiapkan bentuk bangunan garasi mobil. Hal ini sangat membantu usaha Anda di depan kalau sudah berkembang besar. Sebab para pelanggan Anda nantinya akan meminta ruang garasi mobil yang bagus.

2. Mempelajari Bisnis Properti dan Kontruksi

Nah, setelah Anda benar – benar memiliki mental seorang pebisnis properti dan konstruksi. Langkah selanjutnya adalah mempelajari ilmu – ilmu bisnisnya. Biasanya dalam masyarakat umum bisnis ini disebut sebagai pemborong.

Pemborong dalam pengertian ini adalah sebagai perusahaan ataupun individu yang memiliki kompeten. Kemudian di sewa untuk melakukan pekerjaan sesaui orderan proyek tersebut.

Gambar-dari-Houzz.jpg
Gambar-dari-Houzz.jpg

Paling tidak di tahap ini Anda sudah mulai membeli buku – buku yang berkaitan dengan properti bangunan dan bidang konstruksinya. Sehingga Anda dapat mengetahui ilmu – ilmu dasarnya dalam bidang tersebut.

Atau Anda juga bisa mencoba bekerja di perusahaan konstrusi dan bangunan. Agar mendapatkan pengalaman dan menambah bekal dalam memulai bisnis ini. Bisa juga dengan memanggil tenaga ahli di bidang properti dan konstruksi untuk bekerja sama dengan Anda. Termasuk Anda juga harus menyiapkan tugas manager, yang nantinya akan membantu perusahaan Anda.

Mempersiapkan Modal untuk Usaha Anda

Setelah langkah pertama sudah Anda lakukan, tentu langkah berikutnya adalah menyiapkan modal. Biasanya disini banyak para pengusaha ataupun pebisnis menyoal soal modal. Banyak yang terjebak dalam memikirkan modal, tapi dirinya tidak segera berusaha.

Sebenarnya kalau kita mau cermat dengan usaha yang satu ini. Ada peluang yang menggiurkan untuk bisa memulai bisnis ini. Sekarang sudah banyak perusahaan – perusahaan properti dan konstruksi yang menawarkan kerja sama.

Kerja sama disini maksudnya adalah Anda marketingnya, atau di masyarakat umum mengenalnya sebagai ‘makelar’ properti. Anda bisa menjualkan produk – produk properti dari perusahaan tersebut. Dan disetiap terjualnya produk itu Anda mendapatkan fee penjualan. Yang kemudian terkumpullah modal Anda untuk bisa membangun bisnis sendiri.

Untuk membangun bisnis ini, Anda benar – benar membutuhkan perhitungan yang cukup matang. Modal 30.000.000 rupiah Anda sudah bisa memulai bisnisnya. Dengan seiring berjalanya waktu maka bisnis Anda akan berkembang, dan tentunya memerlukan biaya yang lebih.

Tentukan Jenis Bisnis Properti dan Konstruksi Anda!

Kemudian langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis bisnis propertinya. Jenis bisnis yang seperti apa yang ingin Anda tekuni?. Apakah kontraktor jalan atau bidang renovasi rumah?. Apakah di bidang bangunan sipil atau bangunan gedung?

Gambar-dari-Home-Dedicated.jpg
Gambar-dari-Home-Dedicated.jpg

Maka disinilah Anda perlu memperhatikan dengan saksama. Manakah yang sesuai dengan keinginan Anda. Tentunya juga sesuai dengan budget modal yang Anda miliki.

Dengan penentuan seperti ini maka akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk memulai membangun bisnis propertinya kedepan. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan dalam mempromosikannya.

 Memilih Teknik Marketing Bisnis Properti Sesuai dengan Zaman

Setelah Anda menentukan jenis bisnis tersebut Langkah berikutnya adalah memikirkan pemasaran produk, bahasa kerennya yaitu marketing. Aktivitas pemmasaran ini bisa Anda lakukan dengan dua cara. Yakni dengan cara online dan offline.

Di era digitalisasi hari ini sebaiknya Anda menggunakan teknik pemasaran online. Bisa dengan menggunakan jasa press release, website, dan sosial media. Seperti Instagram, baik yang ads maupun organik. Kemudian juga ada Youtube, Facebook, Tiktok dan seluruh deretan akun media sosial lainnya.

Semua teknik – teknik pemasaran online itu bagus untuk mendukung bisnis properti Anda. Tentu juga tidak mengesampingkan dengan cara pemasaran offlinenya ya. Nah, demikian pembahasan kita seputar bisnis properti dan konstruksi.

Semoga bermanfa’at, selamat menjalankan bisnisnya! Oh ya, jangan lupa untuk menyebarluaskan informasi ini. Agar semakin banyak pula teman kita yang terbantu dan sukses bersama.

Leave a Comment

Bekasi

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Order layanan

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Get in touch